Kota Yogya

Sejak Akhir Agustus Lalu, Harga Sembako Mulai Turun

Memasuki awal bulan September, harga sejumlah komoditas sembilan bahan pokok (sembako) terpantau mengalami penurunan.

Sejak Akhir Agustus Lalu, Harga Sembako Mulai Turun
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Seorang pedagang daging ayam di Pasar Kranggan sedang melayani pembeli, Kamis (2/8/2018). Meskipun harga daging ayam sudah turun, namun harga daging ayam masih tinggi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Memasuki awal bulan September, harga sejumlah komoditas sembilan bahan pokok (sembako) terpantau mengalami penurunan.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh  tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogya di pasar Beringharjo, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga tersebut yakni, ayam broiler, cabai rawit merah, cabai rawit besar, dan tomat.

Untuk ayam broiler, harga jualnya kini ada di kisaran Rp32 ribu/kg. Turun sebesar Rp2 ribu dari yang sebelumnya dijual di kisaran harga Rp34-35 ribu/kg.

Kemudian cabai rawit merah, turun cukup drastis menjadi Rp10 ribu/kg dari Rp15/kg.

Baca: Bujet Hanya Rp 500 Juta, Film Tengkorak Banjir Apresiasi

Cabai rawit besar di kalangan pedagang dihargai Rp20 ribu/kg. Turun Rp5 ribu dari yang sebelumnya dijual di harga Rp25/kg.

Kemudian untuk tomat, mengalami penurunan sebesar Rp2 ribu, yang mana dijual seharga Rp6 ribu/kg dan pada harga lalu ada di angka Rp8 ribu/kg.

Kasie Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Disperindag Kota Yogya, Evi Wahyuni mengatakan, bahwa penurunan harga tersebut mulai berlangsung sejak akhir bulan Agustus lalu, dan berlanjut hingga saat ini.

"Penurunan harga ini diakibatkan beberapa komoditas stoknya sudah mulai tercukupi," ujarnya. (tribunjogja)

Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved