Kota Yogyakarta

Penyandang Disabilitas Pertanyakan Kelanjutan Raperda Kota Yogya

Penyandang disabilitas meminta kejelasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Disabilitas yang sejak tahun 2015 hingga kini belum disahkan.

Penyandang Disabilitas Pertanyakan Kelanjutan Raperda Kota Yogya
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hari ini perwakilan masyarakat penyandang disabilitas mendatangi Gedung DPRD Kota Yogyakarta, Kamis (6/9/2018).

Mereka meminta kejelasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Disabilitas yang sejak tahun 2015 hingga kini belum disahkan.

Baca: Sejak Akhir Agustus Lalu, Harga Sembako Mulai Turun

Direktur Cikal Kota Yogyakarta, Nuning Suryatiningsih menjelaskan bahwa pihaknya telah menunggu waktu yang cukup lama agar hak-hak mereka dapat diakui layaknya hak warga lainnya.

"Itu satu di antara payung hukum kami. Ada banyak akses fisik yang nantinya dibangun dan harus berdasarkan pada Perda tersebut. Perda ini jadi pegangan kami. Pemkot harus menjalankan pembangunan sesuai dengan amanah Perda," bebernya pada Tribunjogja.com, Rabu (5/9/2018).

Ia pun menjelaskan beberapa perwakilan penyandang disabilitas mengusulkan draf Raperda Disabilitas sejak tahun 2015.

Proses pembahasan pun sudah dilakukan mulai dari naskah akademik hingga berbagai diskusi dan seminar tentang perencanaan penyusunan Raperda Disabilitas.

"Saat itu sudah disodorkan ke eksekutif dan legislatif. Berproses mulai tahun 2015 dan sekarang draf itu tidak pernah terdengar lagi. Kita tidak tahu di dewan hanya ditumpuk begitu saja atau bagaimana," urainya.

Nuning menjelaskan, pihaknya memang pernah diundang kembali untuk mengesahkan draf Raperda Penyandang Djsabilitas.

Namun setelah mencermati isi draft tersebut, ia mengatakan bahwa isi yang tertuang dalam draft Raperda sama persis dengan Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Hanin Fitria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved