Jawa

Daftar Caleg, 2 PNS dan 4 Kepala Desa di Kabupaten Magelang Diminta Mengundurkan Diri

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang meminta ASN dan kepala desa yang menjadi calon legislatif untuk mundur dari jabatannya.

Daftar Caleg, 2 PNS dan 4 Kepala Desa di Kabupaten Magelang Diminta Mengundurkan Diri
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Setidaknya terdapat dua orang ASN dan empat Kepala Desa di Kabupaten Magelang yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Magelang pada Pemilu 2019 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang pun meminta ASN dan kepala desa yang menjadi calon legislatif untuk mundur dari jabatannya.

Baca: Bawaslu Kota Magelang Temukan Orang Meninggal Masih Masuk Daftar Pemilih Pemilu

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afffuddin, mengatakana, dari Daftar Calon Sementara (DCS) yang ditetapkan KPU sebanyak 468 orang, ASN adalah seorang dokter dan seorang guru, yang sudah mendekati masa pensiun.

Ia pun meminta kepada caleg dengan latar belakang ASN dan Kades yang masih aktif untuk mengundurkan diri dan menyerahkan SK pengunduran dirinya sebagai PNS dan Kades kepada KPU Kabupaten Magelang selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal 20 September.

"Harus ada surat keterangan pengunduran diri dari PNS maupun Kades, baru bisa para caleg tersebut masuk dalam DCT. Dan secara otomatis setelah tercatat menjadi DCT PNS dan Kades tidak bisa kembali ke profesi semula," ucap Afiffudin pada Tribunjogja.com.

Selain ASN dan perangkat desa, Afiffudin, menyatakan tidak ada calon legislatif yang memiliki latar belakang mantan narapidana kasus kriminal ataupun kasus korupsi mendaftar menjadi calon anggota DPRD Kabupaten Magelang pada Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang.

"Kami jamin aman. Semua caleg yang mendaftar tidak ada yang mantan napi kriminal, napi koruptor. Meskipun sudah dinyatakan sebelumnya kalau napi kriminal bisa maju menjadi caleg, dengan syarat sampaikan pengumuman di media masa," tambahnya.

Baca: Bawaslu Kabupaten Magelang Jaring Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan

Jumlah daftar calon sementara (DCS) di Kabupaten Magelang sendiri adalah sebanyak 468 orang.

Sementara untuk penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) akan diumumkan pada 20 September mendatang.

"DCT diumumkan dan ditetapkan pada 20 September 2018, setelah sebelumnya diumumkan kepada masyarakat dalam uji publik," ucap Afiffudin.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved