Sleman

Sediakan 9600 Ton untuk Operasi Pasar, BULOG DIY Sebut Sebagai Langkah Antisipatif

Sediakan 9600 Ton untuk Operasi Pasar, BULOG DIY Sebut Sebagai Langkah Antisipatif

Sediakan 9600 Ton untuk Operasi Pasar, BULOG DIY Sebut Sebagai Langkah Antisipatif
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Kepala BULOG Divre DIY Akhmad Kholisun 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM - Kepala BULOG Divre DIY Akhmad Kholisun menegaskan bahwa Operasi Pasar yang diselenggarakan oleh pihaknya merupakan langkah antisipatif terhadap situasi pasar.

"Ini untuk mengantisipasi kenaikan harga, apalagi masa panen hampir usai dan mendekati musim paceklik," kata Akhmad di Gudang BULOG Purwomartani, Sleman pada Selasa (4/09/2018).

Jika melansir data resmi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, harga beras di sejumlah pasar masih terpantau stabil.

Beras IR 1 misalnya, terpantau berada di kisaran harga Rp10.583,00. Sementara untuk Beras IR 2 berada di harga rata-rata sebesar Rp9.853,00.

Kepala Disperindag DIY mengungkapkan, sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta mengalami kenaikan harga beras. Hal ini mendorong dilakukannya Operasi Pasar.

"Kita terutama memantau di 3 pasar besar, yaitu Pasar Kranggan, Pasar Demangan, dan Pasar Beringharjo," ungkap Tri Saktiyana selaku Kepala Disperindag DIY.

Baca: BULOG DIY Lakukan Operasi Pasar Guna Stabilkan Stok Beras

Selain di pasar-pasar utama, operasi pasar ini nantinya juga akan diarahkan ke pasar tradisional lainnya di 4 Kabupaten.

Stok yang disiapkan sebanyak 9.600 ton untuk DIY sendiri, dengan harga jual mulai Rp8.800,00 hingga Rp8.950,00 per kilonya. Beras berjenis medium dijual dalam kemasan seberat 5 kg.

"Kita sudah siapkan 5 tim dan kita tempatkan di Kota Yogyakarta dan 4 kabupaten," jelas Akhmad.

Saktiyana pun turut menegaskan bahwa operasi pasar ini dilakukan demi menstabilkan harga serta menjaga pasokan beras di pasar.

"Ini langkah antisipatif, bukan responsif," tegas Saktiyana.(tribunjogja)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved