Sleman

Perubahan Status PDAM Harus Dibarengi dengan Peningkatan Pelayanan ke Masyarakat

Menurutnya, dengan nama baru tersebut akan meningkatkan semangat PDAM dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Perubahan Status PDAM Harus Dibarengi dengan Peningkatan Pelayanan ke Masyarakat
IST
Bupati Sleman, Sri Purnomo saat memberikan keterangan terkait rancangan Raperda perubahan status PDAM menjadi Perseroan umum daerah (Perseroda) di DPRD Sleman. Senin (3/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sleman menggelar rapat paripurna mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sleman terkait diajukannya perubahan bentuk badan usaha, di mana dalam hal ini PDAM statusnya diwacanakan berubah menjadi Perseroan Umum Daerah (Perseroda).

Dalam rapat tersebut, sebanyak 8 fraksi mengutarakan pandangannya masing-masing, dan dari penyampaian tersebut menunjukkan adanya kesepakatan terkait perubahan status PDAM.

Namun, kesepakatan itu harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan PDAM, khususnya dalam menjamin kualitas air bersih yang dapat dinikmati masyarakat Sleman.

Bupati Sleman, Sri Purnomo yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan, bahwa perubahan status tersebut sebagai tindaklanjut Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD.

Yang mana didalamnya mengatur alternatif bentuk BUMD dan mekanisme pengelolaannya.

Baca: Setuju Perubahan Status PDAM, Kalangan Legislatif Minta Pemda Sleman Tingkatkan Layanan Air Bersih

Mengingat selama ini PDAM Sleman berupa badan usaha milik daerah (BUMD), dan dengan perubahan status tersebut nantinya diharapkan PDAM mengoptimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Ini kan istilahnya mengikuti aturan yang baru dan menyesuaikannya," katanya usai rapat paripurna, Senin (3/9/2018).

Sambungnya, selain perubahan status tersebut, Sri Purnomo turut mengusulkan nama baru untuk PDAM Sleman yakni PDAM Tirta Sembada.

Menurutnya, dengan nama baru tersebut akan meningkatkan semangat PDAM dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Baca: Tersambung Jaringan PDAM, Tiga Kecamatan Kembalikan Truk Tangki ke Pemkab

"Harapannya (Dengan wacana status baru PDAM) otomatis lebih semangat lagi dalam memberikan pelayanan yang signifikan ke masyarakat. Khususnya masalah air (Penyediaan air bersih) agar lancar dan tidak terkendala," ujarnya.

Sementara itu, juru bicara fraksi PDI Perjuangan DPRD Sleman, Timbul Saptowo saat membacakan pandangan fraksinya menuturkan, bahwa terkait usulan Bupati Sleman tentang perubahan status PDAM disetujui oleh pihaknya.

Kendati demikian, pihaknya menginginkan adanya peningkatan yang signifikan seiring dengan rencana perubahan tersebut.

"Kami sepakat dengan usulan PDAM Sleman jadi PDAM tirta sembada. Tapi juga harus ditingkatkan kualitas pelayanannya, seperti cakupan air bersih bisa ke semua pelosok Kabupaten Sleman," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved