Jokowi: Indonesia Mampu jadi Tuan Rumah Olimpiade

Indonesia membuka wacana untuk pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, namun ada sejumlah negara lain yang turut mengajukan diri.

Jokowi: Indonesia Mampu jadi Tuan Rumah Olimpiade
IST/BIRO SETPRES
Jokowi bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah 

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia membuka wacana untuk pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, namun ada sejumlah negara lain yang turut mengajukan diri.

Wacana tersebut muncul setelah pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Ketua Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, Sabtu (1/9/2018) lalu.

Dengan pengalaman menggelar Asian Games 2018, Joko Widodo yakin Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar.

"Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032," kata Joko Widodo.

Namun, selain Indonesia ada tiga negara yang juga akan menyatakan minatnya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Melansir dari BBC, India, Australia, dan China juga menyatakan minatnya untuk mengajukan penawaran.

Asosiasi Olimpiade India telah mengonfirmasi minatnya untuk menawar Olimpiade 2032. Melansir dari The Indian Express, pada Juni 2018, Konsul Jenderal Jepang di Mumbai, Ryoji Noda, mengatakan India akan menjadi kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2032.

Asosiasi Olimpiade India pada April lalu mengatakan bahwa akan mengajukan tawaran unuk Olimpiade musim panas 2032, selain Youth Olympic 2026 dan Asian Games 2030.

Seperti juga China yang menawarkan kota Shanghai sebagai tuan rumah, meskipun ibukota Beijing pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2008 serta menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin 2022.

India dan Indonesia belum pernah menyelenggarakan pertandingan Olimpiade sebelumnya.

Wakil Direktur Jenderal Olahraga Shanghai mengatakan bahwa para pejabat di kota terbesar di China akan tertarik pada bagaimana Tokyo dan Paris bersaing untuk Olimpiade musim panas 2020 dan 2024.

Administrasi Olahraga Shanghai, Luo Wenhua menekankan setiap penawaran adalah keputusan untuk pemerintah pusat China, bukan yang dibuat oleh kota.

Sementara, Australia dilaporkan mengajukan Brisbane meskipun pernah menyelenggarakan Olimpiade di Sydney pada 2000.

Untuk Olimpiade 2024 akan diselenggarakan di Paris, Prancis, dan Olimpiade 2028 akan dihelat di Los Angeles, Amerika Serikat.

Hal tersebut memebuat Brisbane dan wilayah tenggara Queensland dapat mengajukan penyelanggaraan untuk Olimpiade 2032. (Metta Rahma Melati/BolaSport)

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved