Yogyakarta

Umumkan DCS DPD RI Dapil DIY, KPU DIY Minta Tanggapan dari Masyarakat

KPU DIY telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD RI Dapil DIY yang ditayangkan melalui media cetak dan media elektronik.

Umumkan DCS DPD RI Dapil DIY, KPU DIY Minta Tanggapan dari Masyarakat
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU DIY telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD RI Dapil DIY yang ditayangkan melalui media cetak dan media elektronik pada Minggu (2/9/2018).

Selain diumumkan di media cetak dan media elektronik, pengumuman DCS DPD RI Dapil DIY tersebut juga dapat diakses melalui website KPU DIY yakni melalui laman diy.kpu.go.id.

Baca: KPU Kota Yogya Akan Surati Parpol Terkait Tanggapan Warga

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menuturkan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 dan Peraturan KPU Nomor 14 tahun 2018 tentang pencalonan DPD, masyarakat bisa menyampaikan masukan dan tanggapan selama 10 hari.

"Kami akan tunggu seandainya ada masukan dari masyarakat apa saja masukannya, sebagai contoh, misalnya ketika kita umumkan DCS DPD RI Dapil DIY masyarakat melihat daftar nama itu dan memiliki informasi, katakan yang bersangkutan pernah terlibat tindak pidana korupsi misalnya atau tidak lulus SMA sederajat, kami akan lakukan proses klarifikasi," ujar Hamdan pada Tribunjogja.com.

Hamdan melanjutkan, langkah pertama yang akan dilakukan yakni meminta klarifikasi kepada calon anggota DPD RI Dapil DIY, kemudian calon tersebut memberikan jawaban tertulis kepada KPU DIY.

Terhadap tanggapan masyarakat yang terkait pemenuhan administrasi syarat calon, maka KPU akan melakukan pencermatan kembali dan mengklarifikasi kepada calon Anggota DPD Rl.

"Jadi tidak asal kita terima masukan itu tentu harus kita buktikan, dan seandainya hasil klarifikasi itu membuktikan dengan benar bahwa yang bersangkutan memang demikian dan menyebabkan syaratnya tidak terpenuhi, bisa kita coret," lanjutnya.

Untuk itu, maka diperlukan partisipasi serta keterlibatan masyarakat dalam konteks pemilu salah satunya dengan memberikan masukan terkait DCS DPD RI Dapil DIY.

Selain itu, Hamdan menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin memberikan tanggapan dan masukan terkait calon yang melanggar pakta integritas, seperti pernah menjadi mantan bandar narkoba, napi korupsi, mantan napi kejahatan seksual terhadap anak.

"Masyarakat yang ingin melapor bisa datang ke KPU DIY atau melalui pos ditujukan ke KPU DIY Jalan Ipda Tut Harsono Nomor 47 atau melalui email diy.kpu@gmail.com kalau melalui email dokumen identitas diri disertakan dengan scanning," kata Hamdan.

Baca: KPU DIY Minta Masyarakat Segera Lakukan Perekaman e-KTP

KPU menerima tanggapan masyarakat terkait DCS Anggota DPD Rl secara tertulis sejak pengumuman DCS sampai 9 September mendatang.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan tanggapan wajib mencantumkan identitas yang jelas disertai  dengan fotocopy identitas serta bukti-bukti  pendukung terhadap pernyataan calon yang ditanggapi.

"KPU DIY menjamin identitas pengirim akan dirahasiakan," tuturnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved