Gunungkidul

Jelang Musim Hujan, Dinas Pertanian Gunungkidul Siapkan Bibit dan Pupuk

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul telah mendistribusikan bantuan dari pemerintah pusat berupa benih padi.

Jelang Musim Hujan, Dinas Pertanian Gunungkidul Siapkan Bibit dan Pupuk
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Jelang musim tanam, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul telah mendistribusikan bantuan dari pemerintah pusat berupa benih padi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Gunungkidul, Raharjo Yuwono, Minggu (2/9/2018).

Baca: Anggaran Pembangunan Embung Raksasa dan Sirkuit di Gunungkidul Dicoret

"Bantuan padi seluas 4.000 hektar atau 100 ton sudah diterima oleh petani, dan pada awal September akan didistribusikan padi hibrida 2.250 hektar," katanya pada Tribunjogja.com.

Tidak hanya memberikan bantuan benih padi, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan ketersediaan pupuk menjelang musim tanam.

"Musim penghujan juga sebagai musim tanam untuk itu kami mulai melakukan persiapan pengecekan kesiapan pupuk di produsen, distributor hingga pengecer, dan kelompok tani," katanya.

Ia mengatakan saat ini para petani sudah lakukan pengolahan lahan dan telah mencapai 40 persen.

Ia pun berharap agar pengolahan lahan dapat dipercepat dan tepat September sudah 100 persen.

"Kami harapkan penanaman tidak terburu-buru karena menurut perkiraan BMKG musim hujan akan mundur, agar tidak terjadi gagal panen. Hujan diperkirakan pada Bulan November," katanya.

Ia mengatakan, saat musim kemarau ada beberapa daerah yang masih memiliki tanaman padi, yaitu Karangmojo, Semin, Ponjong, dan Patuk.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved