Sleman

Pemkab Sleman Luncurkan Sekolah Lanjut Usia Khusus Bagi Para Lansia

Yang menjadi tenaga pengajar dalam sekolah tersebut adalah relawan dari yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL).

Tribun Jogja/ Christi Mahatma
Pemerintah Kabupaten Sleman Melaunching Sekolah Lanjut Usia (SLU) di Serambi Masjid Baiturrahman Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (1/9/2018) 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman resmi melaunching Sekolah Lanjut Usia (SLU) di Serambi Masjid Baiturrahman Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (1/9/2018).

Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Kabupaten Sleman, Eko Suharyono, mengatakan tujuan SLU ini adalah membahagiakan lansia.

"Di sekolah lansia ini nanti akan sangat menyenangkan. Di sini yang diajarkan seperti senam, lebih pada menjaga kesehatan pada lansia," katanya saat ditemui usai lauching SLU.

Ia menambahkan melalui sekolah tersebut, diharapakan dapat membangkitkan semangat lansia.

Melalui pengetahuan yang didapatkan di sekolah, lansia tidak tergantung pada oranglain.

"Ya ada yang berpikir lansia menjadi beban, nah ini kita dorong supaya lansia tidak tergantung pada oranglain. Dengan ketemu disini, harapannya para lansia bisa berkomunikasi dan sharing. Tadi sudah disepakati sekolah satu bulan sekali," tambahnya.

Yang menjadi tenaga pengajar dalam sekolah tersebut adalah relawan dari yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL).

Direktur IRL, Dwi Endah, menjelaskan sekolah lansia mengusung konsep sekolah pada umumnya, namun pengemasannya sedikit berbeda.

"Seperti sekolah biasa, kalau anak sekolah ada cek kuku. Kalau untuk lansia kita cek tensi. Jadi kita pantau kesehatannya. Ada yel-yelnya juga, supaya lebih menyenangkan. Sekolah lansia ini sebenarnya cuma senang-senang saja kok," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved