Kota Yogya

Cegah Pungli, Pengadilan Negeri Yogyakarta Terapkan Pendaftaran Perkara Secara Online

Cegah Pungli, Pengadilan Negeri Yogyakarta Terapkan Pendaftaran Perkara Secara Online

Cegah Pungli, Pengadilan Negeri Yogyakarta Terapkan Pendaftaran Perkara Secara Online
Tribun JOgja/ Christi Mahatma Wardani
Sosialisasi dan simulasi e-court di PN Yogyakarta Kamis (30/8/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) DPC Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi dan simulasi e-court, Kamis (30/8/2018).

E-court merupakan pendaftaran perkara secara online. Tidak hanya pendaftaran perkara saja, pembayaran dan pemanggilan juga dilakukan secara online.

Ketua Peradi DPC Kota Yogyakarta, Irsyad Thamrin, SH mengatakan sosialisasi dan simulasi e-court dilakukan sesuai dengan Perma RI No 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Negeri Secara Elektronik.

Baca: Senin Besok, DPRD Gunungkidul Miliki Ketua Dewan Baru

"Masih banyak yang belum paham tentang penerapan e-court, makanya kami mengadakan sosialisasi. Di Indonesia juga baru beberapa pengadilan, salah satunya di Pengadilan Negeri Yogyakarta,"katanya saat ditemui di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Ia berharap dengan adanya pendaftaran elektronik ini dapat memudahkan sistem peradilan yang lebih cepat dan sederhana. Selain itu, pendaftaran secara elektronik juga dinilai membantu advokat.

Ketua Sosialisasi dan Simulasi e-court, Intan Nur Rahmawanti mengatakan e-court juga dapat meminimalisir adanya pungli. Untuk sementara ini, e-court hanya bisa diakses oleh advokat. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved