Breaking News:

Nasional

Luhut Upayakan Masyarakat Sekitar NYIA Akan Rasakan Manfaat

Pihaknya dan pemerintah mengaku sangat detil menentukan langkah dalam pembangunan proyek tersebut.

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (tiga dari kanan) dalam jumpa media usai Rakorpusda di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Rabu (29/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Binsar Panjaitan mengaku masyarakat yang ada disekitar proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan merasakan manfaat.

Pihaknya dan pemerintah mengaku sangat detil menentukan langkah dalam pembangunan proyek tersebut.

Terlebih masalah perlakuan ekonomi agar melalui pengembangan proyek penunjang ini secara ekonomi dapat dirasakan oleh masyarakat.

Baca: Sambut Bandara NYIA, Pemkab Bantul Siap Tata Kawasan Pantai Samas

"Pak Bupati Pak Gubernur sudah paten ini, rakyat yang disekitar situ harus diberikan pekerjaan, jadi misal sudah ada 70 orang yang jadi stewardess kemudian menjadi security dilatih disana dan saya bilang jangan hanya security masukkan sampai kepada air traffic control," kata Luhut dalam jumpa media usai Rakorpusda di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Rabu (29/8/2018).

Selain itu, pemerintah juga bersinergi dengan Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan untuk memberikan kredit usaha rakyat yang murah dengan bunga tujuh persen untuk meningkatkan geliat perdagangan disekitar proyek NYIA.

"Apa disitu yang bisa dibuat seperti warung, hal seperti itu supaya orang di daerah juga menikmati perkembangan disana," lanjutnya.

Pihaknya pun juga mewajibkan air minum yang digunakan harus berasal dari air menoreh dengan pH yang diperkaya sehingga perekonomian disekitar dapat dirasakan.

Baca: Bandara NYIA Jadi Daya Tarik Penduduk Bermigrasi ke Kulonprogo

Melalui pembangunan proyek bandara NYIA ini pihaknya mengaku optimis dari pariwisata akan meningkatkan pajak dan devisa yang banyak dan akan memberikan lapangan pekerjaan yang bagus bagi masyarakat.

"Hal hal detil seperti ini, presiden minta jadi rakyat itu bisa menikmati, jadi jangan ada yang bilang apa itu neo-lib itu tak ada, kita berfikir sampai yang hal kecil, semua kita buat untuk mempromosikan Indonesia yang hebat," tegas Luhut.

Pihaknya pun menegaskan format semacam ini juga akan diterapkan di beberapa wilayah proyek pengembangan pariwisata yang tengah digenjot oleh pemerintah sehingga masyarakat tak perlu khawatir lantaran hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved