Kota Yogya

Hari Pertama Pelaksanaan Uji Emisi, 95 Persen Kendaraan Dinyatakan Lolos

Hari Pertama Pelaksanaan Uji Emisi, 95 Persen Kendaraan Dinyatakan Lolos

Hari Pertama Pelaksanaan Uji Emisi, 95 Persen Kendaraan Dinyatakan Lolos
internet
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 95 persen dari total 350 kendaraan yang dinyatakan lolos uji emisi.

Hasil tersebut diperoleh dari kegiatan Hasil Uji Emisi yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta di Gedung LPP Kota Yogyakarta, Selasa (28/8/2018).

Kepala UPT Laboratorium Pengujian Kualitas Lingkungan DLH Kota Yogyakarta, Sutomo menjelaskan bahwa 350 kendaraan tersebut terdiri dari 200 kendaraan yang berbahan bakar bensin, sementara 150 lainnya berbahan bakar solar.

"Dari pengukuran lolos uji emisi sebagian besar lolos uji. Hanya sedikit yang tidak lolos uji," ungkapnya seusai uji emisi.

Baca: Tertib Bayar Pajak, 30 Wajib Pajak Terima Penghargaan dari Pemkot Yogya

Ia menyebut bahwa dari seluruh kendaraan tersebut, di atas 95 persen sudah lolos uji emisi. Kendaraan dinyatakan lolos uji emsisi ketika memenuhi baku mutu uji emisi.

"Misalkan di bensin ada uji hidrokarbon dan karbon monoksida. Ketika di bawah baku mutu, maka lolos uji. Ketika di atas, tidak lolos dan dia harus servis ulang atau ke bengkel," bebernya.

Sutomo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut masih berlanjut di dua titik yang sudah ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup yakni pada Rabu (29/8/2018) bertempat di Balai Pamungkas Jl. Atmosukarto, dan Kamis (30/8/2018) di Museum Perjuangan Jl. Kolonel Sugiyono.

"Ini rutin dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Sudah sejak dulu. Biar ada data seriesnya, parameter pasti, dan bisa evaluasi," ungkapnya. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved