Kota Yogya

Forpi Bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Yogya Sidak Jukir Nakal di Kawasan Taman Pintar

Forpi Bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Yogya Sidak Jukir Nakal di Kawasan Taman Pintar

Forpi Bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Yogya Sidak Jukir Nakal di Kawasan Taman Pintar
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Perbandingan karcis parkir liar dan resmi. Parkir motor resmi hanya 2 ribu, sementara parkir motor liar dikenakan 5 ribu 

TRIBUNJOGJA.COM - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta mendapat keluhan dari masyarakat terkait tarif parkir yang tidak sesuai di kawasan bookstore Taman Pintar.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Forpi melakukan pengecekan lapangan bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan Satpol PP Kota Yogyakarta.

Koordinator Forpi Kota Yogyakarta, FX Harry Cahya mengapresiasi respon cepat atas persoalan oknum juru parkir nakal. Ia berharap kedepan razia gencar dilakukan untuk menindak jukir nakal.

"Respon atas persoalan sangat cepat. Tadi pihak Satpol PP juga langsung memberikan penindakan berupa tipiring, bukan lagi pembinaan. Hal seperti ini harus dilakukan untuk menegakkan Perda.

Ia menilai vonis dari Tipiring untuk oknum jukir nakal masih belum maksimal. Seharusnya vonis diberlakukan maksimal untuk membuat jera. Selain itu, ia pun meminta jalan keluar untuk masalah subyektif juru parkir.

Baca: Dinas Kebudayaan Sleman Siap Implementasikan Budaya Kerja Satriya

"Masalah subyektif jukir itu kan masa mau kalau parkir 4 hingga 5 jam cuma mau parkir Rp 2ribu. Nah ini yang harus dicarikan solusi," lanjutnya.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Imanudin Aziz mengatakan tarif parkir di Kota Yogyakarta untuk motor adalah Rp 1.000 sementara mobil Rp2.000.

Jika di Tempat Khusus Parkir, diterapkan tarif progresif.

"Kami sudah banyak pasang terkait tarif parkir. Kalau progresif ini naik 50 persen setelah 2 jam pertama. Misal motor parkir 2 jam pertama tarif masih Rp1.000, nanti tambah 50 persen perjam," katanya. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved