Perang Dagang Pukul Pertumbuhan Ekonomi AS

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) diprediksi akan melambat selama kuartal-kuartal mendatang setelah menyentuh tertinggi

Perang Dagang Pukul Pertumbuhan Ekonomi AS
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) diprediksi akan melambat selama kuartal-kuartal mendatang setelah menyentuh tertinggi dalam empat tahun terakhir pada periode April-Juni 2018 lalu.

Sebagaimana dilansir dari Reuters, hasil jajak pendapat para ekonom menunjukkan bahwa perang dagang yang dikobarkan Presiden Donald Trump akan menimbulkan gangguan bagi ekonomi AS.

Didorong efek paket pemotongan pajak senilai hingga 1,5 triliun dollar AS yang disahkan akhir tahun lalu, ekonomi AS tumbuh 4,1 persen pada kuartal II 2018 lalu. Ini kinerja terkuat dalam hampir empat tahun terakhir.

Tapi jajak pendapat terbaru dari lebih dari 100 ekonom yang dilakukan pada 13-21 Agustus 2018 menunjukkan, ekonomi AS akan kehilangan momentum dalam kuartal mendatang dan juga pada akhir tahun depan.

Pada kuartal saat ini atau kuartal III 2018, ekonomi AS diperkirakan tumbuh 3 persen, kemudian akan tumbuh 2,7 persen di tahun 2019.

Dorongan jangka pendek pertumbuhan ekonomi dari kebijakan pemotongan pajak di AS diperkirakan mulai berkurang.

Para ekonom memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi di sebagian besar kuartal pada tahun depan lantaran ekonomi AS rentan terhadap konflik perdagangan dengan China.

Ekonom Rabobank Philip Marey mengatakan, langkah-langkah perdagangan yang diambil oleh AS serta pembalasan oleh pemerintah negara lain mungkin akan memperlambat sedikit pertumbuhan ekonomi.

"Namun, itu bisa berubah dalam kasus perang perdagangan global dimana berbagai negara asing mengambil langkah-langkah proteksionis yang ditujukan ke AS," kata Marey.

Hampir 2/3 dari 56 ekonom mengatakan mereka telah mempertimbangkan dampak dari perang perdagangan yang meluas dalam prediksi pertumbuhan ekonomi AS.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved