Jika Pasangan Kembar Identik Menikahi Pasangan Kembar Lainnya, Bagaimana Rupa Bayi Mereka?

Apa yang akan terjadi dengan keturunan mereka jika pasangan kembar identik menikahi pasangan kembar lainnya?

Jika Pasangan Kembar Identik Menikahi Pasangan Kembar Lainnya, Bagaimana Rupa Bayi Mereka?
TLC
Pasangan identik Brittany - Briana Deane dan Josh - Jeremy Salyers 

TRIBUNJOGJA.com - Pasangan kembar identik Brittany dan Briana Deane sungguh berbahagia lantaran mereka menjadi pasangan yang sangat unik. Kedua gadis ini menikahi pasangan kembar identik lainnya yakni Josh dan Jeremy Salyers pada Agustus tahun lalu dalam acara Festival Anak Kembar di Ohio.

Heboh Temuan Jenglot Surabaya! Jika Dirontgen dan Tes DNA, Ternyata Ini Hasilnya

Dalam acara Festival Anak Kembar tahun ini, mereka merayakan hari pernikahan mereka yang pertama dengan mengenakan pakaian pengantin yang sama. Acara ini didokumentasikan secara khusus untuk dijadikan tayangan televisi bertajuk Twins Marry Twins yang rencananya bakal tayang pada 2019 mendatang.

Hilang 24 Tahun, Pria Ini Akhirnya Bisa Bertemu Kedua Orangtuanya Berkat Tes DNA

Pertanyaannya, apa yang akan terjadi dengan keturunan mereka jika pasangan kembar identik menikahi pasangan kembar lainnya?

Laura Almasy, seorang profesor genetika di University of Pennsylvania sebagaimana dilansir Live Science menjabarkan bahwa secara teoritis keturunan mereka akan sama secara genetis dengan saudara kandung mereka satu sama lainnya.

Lantaran kelompok orangtua yang sama akan berbagi sekitar setengah gen mereka satu sama lainnya. Setengah gen dari ayah, dan setengah gen lagi dari ibunya.

Ilmuwan Temukan Struktur DNA Baru dalam Sel Manusia

"Jadi, diperkirakan mereka akan berbagi setengah DNA mereka seperti saudara sekandung," kata Almasy.

Tetapi setiap pasangan individu tertentu dapat berbagi lebih banyak atau lebih sedikit dari kelompok gen-gen itu.

Terlebih orang tua kembar identik mungkin tidak memiliki DNA yang sama persis; sebaliknya, mungkin ada sedikit perbedaan dalam gen mereka yang dapat terjadi di dalam rahim atau karena faktor lingkungan di sepanjang kehidupan mereka.
Perbedaan-perbedaan kecil ini juga dapat mempengaruhi seberapa mirip bayi akan satu sama lain.

Lindungi Diri Dari Kerusakan Kromosom DNA dan Kesehatan Jantung Dengan 10 Bahan Makanan Kaya Kromium

Ia menambahkan bahwa lingkungan tidak akan memengaruhi gen mana yang didapat dari orangtua mereka. Tapi lingkungan di mana orang tua tumbuh dapat mengubah bagaimana gen yang diwariskan itu dibentuk.

Misalnya, jika seorang ibu merokok sepanjang hidupnya dan yang satu lagi tidak, maka kedua bayi itu dapat menerima gen yang sama, tetapi gen tersebut dapat berbeda dan memengaruhi kondisi bayinya.

Menariknya, terjadinya kembar identik yang menikahi kembar identik mungkin tidak jarang terjadi. Baru-baru ini, sepasang kembar identik lainnya, Krissie dan Kassie Bevier, menikah di Michigan dengan dua saudara kembar identik, Zack dan Nick Lewan, menurut majalah People. (*)

Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved