Pendidikan

UNY Jadi Tuan Rumah Pimnas ke-31

Kemenristekdikti memberikan kepercayaan kepada UNY untuk menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018.

UNY Jadi Tuan Rumah Pimnas ke-31
TRIBUNJOGJA.COM / Tantowi Alwi
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kemenristekdikti memberikan kepercayaan kepada UNY untuk menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018.

Adapun Pimnas merupakan event resmi tahunan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional guna menciptakan iklim akademis di kalangan mahasiswa Indonesia.

Baca: UNY Siapkan Prodi Kelas Internasional

Rektor UNY Sutrisna Wibawa, menjelaskan event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional sekaligus sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Mengungkapkan Pimnas kali ini mengambil tema "Mewujudkan Mahasiswa Indonesia Yang Unggul, Kreatif, Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian Dan Kecendekiaan Dalam Bingkai Kebhinekaan".

Tema ini disebut mengandung nilai luhur dan semangat yang harus dimiliki oleh mahasiswa Indonesia di era milenial.

"Keunggulan, kreatifitas dan keinovatifan mahasiswa Indonesia sangat diperlukan di era global untuk memenangkan persaingan di tingkat nasional, regional dan global," ujarnya pada Tribunjogja.com, Kamis (23/8/2018).

Baca: UNY Pertahankan Peringkat di Klaster 1 Perguruan Tinggi

Sementara itu Wakil Rektor III UNY, Sumaryanto yang juga selaku Penanggungjawab Pimnas ke-31 menjelaskan menurut rencana Pimnas 31 akan digelar pada Selasa (28/8/2018) hingga Sabtu (1/9/2018) dan diikuti oleh 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam 440 kelompok PKM.

Akan ada tujuh perlombaan bidang PKM, yaitu PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved