Yogyakarta

Sejumlah OPD di Lingkup Pemda DIY Akan Dilebur

Pemda DIY tengah mempersiapkan peleburan beberapa dinas dan badan, yang secara resmi bakal diterapkan per 1 Januari 2019 mendatang.

Sejumlah OPD di Lingkup Pemda DIY Akan Dilebur
ist
Logo Pemda DIY 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam upaya efisiensi pengelolaan dan tugas pokok dengan fungsi serumpun, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY tengah mempersiapkan peleburan beberapa dinas dan badan, yang secara resmi bakal diterapkan per 1 Januari 2019 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi, mengatakan bahwa sejauh ini belum bisa memberikan gambaran secara detail, terkait dinas mana saja yang nantinya akan dilebur.

Baca: Menlu RI Sebut Pancasila Sebagai Perekat Perdamaian Dunia

Namun, ia memastikan, peleburan tersebut tidak akan mengganggu kinerja.

"Yang penting pekerjaan itu sesuai tugas pokok dan fungsi. Tidak ada masalah. Jadi, kita lakukan efisiensi lembaga, tapi fungsi tetap berjalan," katanya.

Namun, Gatot tidak memungkiri, jika beberapa dinas yang kemungkinan akan dilebur itu, antara lain meliputi Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) , Dinas Pertanian, serta Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY.

"Lalu, kalau kita bicara soal BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan Kantor Pelayanan Perizinan (Terpadu Satu Pintu DIY), itu kan memang satu rumpun, ya," ucapnya.

"Tapi, kalau yang mengacu pada kementerian itu, kehutanan masuk ke lingkungan hidup, pertanian ke ketahanan pangan. Terpenting, bukan penggabungan atau tidak, tetapi efisiensi, tugas pokok fungsi tetap masuk, fungsinya jalan," tambah Sekda.

Menurutnya, upaya perombakan kelembagaan itu, merupakan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016.

Dengan begitu, banyak manfaat yang nantinya diterima.

Sebab, jika peleburan tak dilakukan, akan ada OPD yang mengalami penurunan tipologi.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved