Bantul

Pemkab Terus Matangkan Grand Desain Bantul Smart City

Meski saat ini dominasi proses masih di tahap pematangan konsep, namun realisasi perlahan juga sudah mulai dilakukan.

Pemkab Terus Matangkan Grand Desain Bantul Smart City
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Acara pemaparan dalam pemantapan konsep menuju Grand Desain Bantul Smart City di Gedung Induk Lantai 3 Kompleks Parasamya, Bantul, Kamis (23/8/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemkab Bantul terus mematangkan konsep Bantul Smart Bantul City sebagai satu di antara dasar pengembangan kawasan wilayah di masa yang akan datang.

Meski saat ini dominasi proses masih di tahap pematangan konsep, namun realisasi perlahan juga sudah mulai dilakukan.

Baca: Dongkrak Minat Baca, Dispusip Bantul Perluas Program Perpusdes

Kepala Dinas Kominfo Bantul, Nugroho Eko Setyanto, Kamis (23/8/2018) mengatakan, sejak dilaunching awal Juli lalu, konsep Bantul Smart City kini sudah sampai fase bimbingan.

“Kita sudah lakukan bimbingan tahap 1, kita lakukan sampai empat bimbingan yang ditarget selesai November ini,” kata Nugroho pada Tribunjogja.com.

Dalam tahap bimbingan ini, akan dimatangkan konsep Smart City yang akan dikembangkan di Bantul.

Termasuk di dalamnya pembahasan masalah yang mungkin ada.

Seperti pekerjaan besar Pemkab Bantul meng-integrasikan aplikasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah dibuat.

“Pekerjaan besar kita adalah mengintegrasikan aplikasi masing-masing OPD ini dalam sebuah induk yang biasa kita sebut server supaya tidak saling bertabrakan satu sama lain. Sementara pengadaan fasilitas IT yang berkualitas sudah dimulai dengan membangun jaringan kabel fiber optik,” kata Nugroho.

Pembangunan jaringan kabel fiber optik di Bantul ini menurut Nugroho ditarget selesai tahun 2019 dengan daya jangkau seluruh wilayah Bantul yang memadai.

Sementara di daerah khusus dengan kontur bukit seperti Dlingo akan tetap memakai koneksi wireless dengan tetap menjaga kecepatan akses.

Baca: 275 Hewan Kurban di Bantul Terjangkit Cacing Hati, Jumlahnya Masih Bisa Bertambah

Pengadaan jaringan kabel fiber optik ini menjadi bagian realisasi konsep Bantul Smart City.

“Sembari merealisasikan Smart City melalui infrastruktur, kita matangkan konsep yang nantinya akan menjadi sebuah grand desain berisi perencanahan tahun pertama sampai tahun ke sepuluh,” kata Nugroho. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved