Kota Yogyakarta

Dinkes Kota Yogya Gelar Lomba Anak ASI dan Orangtua Cerdas

Tujuan lomba adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam hal kesehatan anak usia 6-23 bulan.

Dinkes Kota Yogya Gelar Lomba Anak ASI dan Orangtua Cerdas
Dokumentasi Dinkes
Lomba Anak ASI dan Orangtua Cerdas yang digelar Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan bayi di Balaikota Yogyakarta Kamis (23/8/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menggelar Lomba Anak ASI dan Orangtua Cerdas di Grha Pandawa, Komplek Balaikota Yogyakarta Kamis (23/8/2018).

Tema yang diambil dalam lomba tersebut adalah ASI sebagai Pondasi Kehidupan Menuju Generasi Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat).

Baca: Dinsos Kota Yogyakarta Lakukan Pelatihan untuk Cegah Anak Jalanan

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Yogyakarta, Tri Mardoyo mengatakan tujuan lomba adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam hal kesehatan anak usia 6-23 bulan.

"Lomba ini dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia tahun 2018. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian orangtua, keluarga, dan masyarakat pada umumnya," kata Tri pada Tribunjogja.com.

Selain meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, lomba tersebut juga merupakan tindakan preventif dan promotif dalam upaya Peningkatan ASI eksklusif yang mendukung penurunan Angka Kematian Bayi dan Balita di Kota Yogyakarta.

"Kalau Angka Kematian Bayi di 20 persen dari Angka Kelahiran Bayi, 3.500an. Angka itu yang terhitung tinggi. Ya kalau dibandingkan secara nasional memang tidak tinggi. Tetapi kan itu tantangan dan juga tugas bersama supaya bisa berkurang," terangnya.

"Makanya lomba ini tidak hanya buat bayinya saja, tetapi juga pengetahuan orangtuanya. Kami tanya juga bapaknya merokok tidak, kalau merokok bagaimana nanti anaknya sehat. Jadi lomba ini beda dengan yang lain," tambahnya.

Baca: Hari Raya Kurban, Momen Ajarkan Anak Agar Tidak Takut Hewan

Dari pantauan Tribunjogja.com, lomba diikuti oleh 36 peserta dari perwakilan masing-masing Puskemas di Kota Yogyakarta.

Dalam lomba tersebut akan dipilih 5 peserta terbaik yang akan mendapat juara I hingga Harapan II.

Tidak hanya itu, 5 peserta terbaik juga akan dinobatkan sebagai duta ASI eksklusif. (*)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved