Sleman

Tumbuhkan Bela Rasa Melalui Diskusi Aktualisasi Kearifan Lokal Yogyakarta

Kegiatan ini merupakan diskusi terakhir dari lima diskusi yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Tumbuhkan Bela Rasa Melalui Diskusi Aktualisasi Kearifan Lokal Yogyakarta
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Dalam rangka memperingati kegiatan Bulan Pancasila 2018 di DIY, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pusat Studi Pancasila UGM serta segenap elemen masyarakat menggelar Focus Group Discussion Aktualisasi Kearifan Lokal Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dalam rangka memperingati kegiatan Bulan Pancasila 2018 di DIY, Badan  Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pusat Studi Pancasila UGM serta segenap elemen masyarakat menggelar Focus Group Discussion 'Aktualisasi Kearifan Lokal Yogyakarta.'

Kegiatan yang berlangsung di Gadjah Mada University Club  pada Selasa (21/8/2018) ini turut dihadiri oleh PP KAGAMA, IKA UII, Kwarda Gerakan Pramuka DIY, APTISI DIY, Sekber Keistimewaan DIY.

Penyelenggara FGD, Julius Felicanus  menyampaikan, kegiatan ini merupakan diskusi terakhir dari lima diskusi yang telah diselenggarakan sebelumnya.

"Ini juga rangkaian Dhahar Kembul yang digelar beberapa waktu yang lalu. Diskusi kali ini membahas aktualisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di Jogja," ujar Julius.

Ia menambahkan, melalui diskusi ini, pihaknya ingin menumbuhkan bela rasa dan empati di kehidupan masyarakat.

"Karena ada tekanan ideologi dari luar, ancaman, kita bangkitkan rasa Nasionalisme melalui Pancasila," lanjutnya.

Selain itu, melalui diskusi Aktualisasi Kearifan Lokal Yogyakarta, pihaknya ingin menggali 'tuladha' yang ada di kehidupan masyarakat di DIY serta menggali potensi budaya yang dapat ditularkan kepada masyarakat lainnya.

"Di dusun kita juga mengadakan sarasaehan karena kita ingin ada masukan-masukan dari tokoh budaya. Harapanya diskusi ini berlanjut, sehingga kita bangkitkan lagi solidaritas dan bahu-membahu," terangnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved