Cooking Influencer, Profesi yang Banjir Pengikut dan Dapat Fulus dari Resep

Ragam profesi muncul di era media sosial saat ini. Setelah blogger, youtuber atau vlogger, juga ada beauty influencer dan foody influencer

Cooking Influencer, Profesi yang Banjir Pengikut dan Dapat Fulus dari Resep
IST
Junita pemilik akun @xanderskitchen yang sukses karena hobi dan profesinya sebagai cooking influencer 

TRIBUNJOGJA.COM - Ragam profesi muncul di era media sosial saat ini. Setelah blogger, youtuber atau vlogger, kini muncul lagi orang yang gemar mereview seputar kuliner atau produk kecantikan.

Lalu kemudian muncul istilah baru beauty influencer dan foody influencer. Selain itu, ada pula beberapa orang yang gemar mengunggah beragam resep masakan, yang kemudian disebut sebagai cooking influencer.

Bagai efek bola salju, fenomena profesi digital ini terus bergulir. Dan sejak tahun lalu sampai awal tahun ini para cooking influencer mulai menerbitkan resepnya dalam bentuk buku fisik.

Salah satunya yang cukup dikenal oleh para pemasak pemula adalah @xanderskitchen. Ada sosok Junita di balik akun yang saat ini memiliki 487.000 pengikut tersebut.

Pertama kali membuat akun instagram tahun 2014, Junita memang sudah gemar mengunggah berbagai foto masakan yang dibuatnya sendiri. Foto masakan pertama yang diunggahnya adalah kue lapis legit, namun saat itu ia mengunggahnya tanpa menuliskan resep. "Karena banyak yang tanya, akhirnya saya menuliskan juga resepnya," katanya.

Ibu tiga anak ini mengatakan tidak ada spesialisasi masakan khusus dalam unggahannya di akun Xanders Kitchen. Ia mengunggah masakan apapun yang disajikan di rumah, entah masakan berat seperti sayur, lauk pauk maupun kue dan camilan. Aneka resep masakan yang diunggahnya pun sederhana, praktis dan mudah untuk dipraktikan, khususnya bagi para pemula.

Karena rutin mengunggah hasil masakan sepaket dengan resepnya, akun Xanders Kitchen pun mulai banyak pengikut. Bahkan beberapa masakan yang diunggah Junita juga kerap dimasak kembali (recook) para pengikutnya.

Berawal dari ribuan unggahan resep di instagram dan Cookpad, Junita akhirnya mendapat tawaran dari penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) sekitar awal Januari 2017 lalu.

Dengan senang hati, ia bersedia menerima tawaran tersebut. Menurut Junita, jika berbagai unggahan resepnya bisa dibukukan, akan ada bentuk fisik yang bisa diwariskan dan jadi kenang-kenangan. Lewat buku resep itu pula, ia berharap semakin banyak orang merasakan manfaat dari aneka resep yang dibagikannya.

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved