Sleman

Desa Tangguh Bencana Kembali Dikukuhkan oleh BPBD Sleman

Semakin banyak Desa Tangguh Bencana maka akan semakin banyak pula masyarakat yang siap dan tangguh saat menghadapi bencana.

Desa Tangguh Bencana Kembali Dikukuhkan oleh BPBD Sleman
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM – Pengukuhan desa Tirtoadi, Mlati sebagai Desa Tangguh Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman dilakukan di Lapangan Tirtoadi, Mlati, Sleman pada Senin (20/8/2018).

Pengukuhan tersebut ditandai dengan pemberian SK Kepala Desa oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum, Musta’in Aminun kepada Tim Siaga Bencana Desa yang berjumlah 30 orang.

Baca: Sri Wahyuni Sukses Persembahkan Medali Perak Bagi Indonesia

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Joko Supriyanto menerangkan jika kegiatan pengukuhan tersebut adalah satu di antara wujud penguatan kelembagaan masyarakat dalam mengurangi risiko bencana di wilayah Sleman.

Musta’in menerangkan jika pembentukan Desa Tangguh Bencana merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Yang mana semakin banyak Desa Tangguh Bencana maka akan semakin banyak pula masyarakat yang saling bekerjasama dalam sebuah komunitas yang siap dan tangguh saat menghadapi bencana.

“Pembentukan Desa Tangguh Bencana yang diadakan sebagai wujud kesiapsiagaan warga masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. Tujuannya adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana dan pengelolaan sumber daya dalam rangka pengurangan risiko bencana,” terangnya pada Tribunjogja.com.

Baca: Serahkan Bantuan pada Korban Gempa Lombok, Wakil Bupati Gunungkidul Tidur di Tenda

Kegiatan pengukuhan tersebut tidak hanya melibatkan tim relawan, namun juga masyarakat sekitar yang saat itu juga tengah mengikuti kegiatan simulasi bencana (gladi lapang) dengan skenario ancaman bencana angin puting beliung. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved