Bantul

Gandung Dorong Anak-anak Muda Ikut Rawat Kesenian

Anggota DPR RI, Gandung Pardiman, mendorong anak-anak muda untuk merawat dan menjaga kesenian daerah.

Gandung Dorong Anak-anak Muda Ikut Rawat Kesenian
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Anggota DPR RI Gandung Pardiman, (tengah) berfoto bersama para pegiat kesenian di Dusun Kedon, Sumbermulyo, Bantul, Minggu (19/8/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam momentum semarak kemerdekaan Indonesia ke-73 di Dusun Kedon, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, anggota DPR RI, Gandung Pardiman, mendorong anak-anak muda untuk merawat dan menjaga kesenian daerah.

Menurutnya, seni sangat penting, karena lewat seni anak-anak muda nantinya bisa lebih mengenali jati diri bangsanya.

"Jangan sampai terjebak kedalam medsos berlebihan. Belajar seni itu sangat penting bagi generasi muda, untuk mengenali jati diri bangsa dan olah budaya nenek moyang sendiri," ujar Gandung, Minggu (19/8/2018)

Makna kemerdekaan sendiri, menurutnya, adalah bagaimana anak-anak muda memiliki visi untuk membangun dan terus membangun bangsa.

Para pahlawan telah tuntas berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Kini, tiba saatnya, generasi muda untuk mengisi kemerdekaan.

Baca: Rayakan Kemerdekaan RI ke-73, Masyarakat Kedon Gelar Pentas Reog Lakon Anoman Obong

"Mengisi kemerdekaan itu dengan membangun bangsa. Jangan hanya cuma bisa nyinyir, tapi bagaimana kita bisa berkontribusi membangun bangsa," tegas dia.

Sementara itu, anak muda pegiat seni, Hanifah, mengaku sudah waktunya anak-anak muda untuk ikut menjaga dan melestarikan budayanya sendiri.

"Negara kita itu kaya akan aneka ragam kesenian. Kita harus jaga biar tidak diklaim oleh negara lain," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, masyarakat Dusun Kedon, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul mengisi mementum kemerdekaan Indonesia dengan pentas seni reog.

Pentas wayang orang ini mengambil lakon cuplikan Anoman obong.

Dalam kesempan ini, turut hadir anggota DPR RI Gandung Pardiman untuk memberikan dukungan kepada para kelompok dan pegiat kesenian di desa. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved