Breaking News:

Sleman

Anggota Pramuka Diminta Ikuti Perkembangan Zaman

Menghadapi era milial seperti sekarang ini, Anggota Pramuka diminta untuk terus mengikuti perkembangan yang ada.

IST
Apel Besar Upacara Bendera dalam rangka peringatan Hari Pramuka di lapangan Donokerto, Turi, Sleman pada Selasa (14/8/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN  – Menghadapi era milenial seperti sekarang ini, Anggota Pramuka diminta untuk terus mengikuti perkembangan yang ada.

Setidaknya terdapat tiga hal penting yang harus dikuasai oleh anggota pramuka.

Ketiga hal tersebut antara lain penguasaan teknologi, pembinaan watak, serta peningkatan keterampilan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Arif Haryono selaku Ketua Kwartir Cabang Sleman pada saat  Apel Besar Upacara Bendera “Pramuka Istimewa Garda Terdepan perekat NKRI” dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke 57 di Lapangan Donokerto, Turi Sleman, pada Selasa (14/8/2018)

Arif menerangkan, untuk menghadapi era milenial, anggota pramuka haruslah melakukan transformasi ilmu pengetahuan penguasaan teknologi.

Baca: Era Milenial, Anggota Pramuka Harus Kuasai Teknologi

“Yang pertama ya itu, penguasaan teknologi. Hal ini sangatlah perlu. Kedua adalah pembinaan watak atau karakter. Inilah yang akan kita lakukan,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, selain itu anggota pramuka juga harus senantiasa meningkatkan keterampilan.

Yang mana Arif menilai saat ini generasi muda dihadapkan pada kehidupan yang sangat kompleks, sehingga kompetisi yang akan dihadapi juga akan semakin besar.

“Tiga hal inilah yang paling penting, karena kita tahu bahwa sekarang itu kita dihadapkan pada kehidupan yang sangat kompleks. Di era global ini dan tentu saja nanti akan ada kompetisi yang  harus kita siapkan untuk masa yang akan datang,” terangnya.

Arif berharap, dengan usia kelahiran pramuka yang semakin bertambah ini pramuka bisa semakin pesat dalam hal pembinaan terhadap generasi muda.

Baca: Bupati Sleman : Pramuka Harus Bisa Menyesuaikan Zaman

Hal serupa juga diungkapkan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kwartir Cabang Sleman saat membacakan sambutan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, jika gerakan pramuka saat ini sangat perlu untuk diadakan rebranding.

“Gerakan Pramuka yang kini berusia 57 tahun tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan. Pramuka hendaknya mampu mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini,” terangnya.

Bupati menerangkan, saat ini merupakan era dimana generasi muda erat kaitannya dengan cyber dan online.

Yang mana setiap saat selalu mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial.

“Pramuka baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan. Para pelatih juga harus belajar terus menerus untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date, tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan,” terangnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved