Gunungkidul

Melalui Gowes, Bupati Gunungkidul Ingin Promosikan Wisata dan Kampanyekan Budaya Hidup Sehat

Ribuan goweser ini bersepeda santai melewati rute yang mengelilingi sejumlah destinasi wisata yang ada Gunungkidul

Melalui Gowes, Bupati Gunungkidul Ingin Promosikan Wisata dan Kampanyekan Budaya Hidup Sehat
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Bupati Gunungkidul, Badingah, melepas ribuan goweser di Alun-alun Wonosari, Minggu (12/8/2018) pagi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Bupati Gunungkidul, Badingah, melepas ribuan pesepeda alias goweser di Alun-alun Wonosari, Minggu (12/8/2018) pagi.

Ribuan goweser ini terdiri atas sejumlah elemen masyarakat, komunitas serta pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul.

Di antara peserta gowes, terlihat ada Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady MH, Dandim Gunungkidul, Letkol (Inf) Muhammad Taufik Hanif, Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono dan sejumlah pejabat lainnya.

Ribuan goweser ini bersepeda santai melewati rute yang mengelilingi sejumlah destinasi wisata yang ada Gunungkidul sepanjang 16,5 kilometer.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan gowes yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari promosi untuk mengenalkan destinasi wisata yang ada di Gunungkidul.

"Selain itu, kita juga ingin menanamkan kepada masyarakat Gunungkidul supaya memiliki budaya sehat melalui senam pagi dan transportasi sehat merakyat dengan bersepeda," ujar Badingah saat ditemui di lokasi, Minggu (12/8/2018).

Ia pun bersyukur animo masyarakat untuk mengikuti kampanye transportasi sehat merakyat dengan bersepeda ini sangat luar biasa.

Jumlah pesertanya mencapai 2000 pesepeda dari lintas elemen masyarakat.

Badingah berpendapat, dengan menggunakan transportasi sepeda tanpa adanya mesin, hidup menjadi sehat karena tubuh bergerak dan bebas dari polusi.

"Tanpa adanya mesin, bisa juga menurunkan angka kecelakaan. Dan masih banyak hal positif lainnya.
Kita ingin anak-anak sekolah nanti kembalikan seperti dulu, seperti saya sekolah, semuanya pakai sepeda, terutama SMP dan SD yang belum memiliki SIM," ungkap dia.

Selain kampanye transportasi sehat merakyat, kegiatan gowes Gunungkidul ini digelar dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 RI dan Asian Games 2018.

Kegiatan ini diprakarsai oleh pemerintah kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pariwisata Gunungkidul bekerjasama dengan Tribun Jogja.

Gowes Gunungkidul ini memperebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor, satu unit lemari es satu pintu, satu mesin cuci dan aneka macam doorprize lainnya. (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved