Pemilu 2019

14 Bacaleg Dinyatakan Tidak Penuhi Syarat, KPU DIY Persilahkan Parpol Ajukan Sengketa Lewat Bawaslu

14 Bacaleg Dinyatakan Tidak Penuhi Syarat, KPU DIY Persilahkan Parpol Ajukan Sengketa Lewat Bawaslu

14 Bacaleg Dinyatakan Tidak Penuhi Syarat, KPU DIY Persilahkan Parpol Ajukan Sengketa Lewat Bawaslu
Tribun Jogja/ Azka Ramadhan
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, menyerahkan berita acara verifikasi administrasi bacaleg Pemilu 2019, kepada perwakilan parpol, di Kantor KPU DIY, Yogyakarta, Rabu (8/8/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sedikitnya 14 bakal calon legislatif (bacaleg) dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY.

Partai Politik (parpol) pengusung pun dipersilakan mengajukan sengketa lewat Badan Pengawas Pemilu (bawaslu) DIY.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, mengatakan bahwa saat pengajuan awal, terdapat 597 bacaleg yang diusung parpol.

Namun, setelah dilakukan rangkaian perbaikan pada 22-31 Juli, akhirnya tinggal 589 bacaleg yang terverifikasi memenuhi syarat.

 "Jadi, ada 14 bacaleg yanG kita nyatakan tidak memenuhi syarat," katanya, saat dijumpai usai menyampaikan berita acara penelitian atau verifikasi administrasi bacaleg Pemilu 2019, di Kantor KPU DIY, Yogyakarta, Rabu (8/8/2018).

Baca: Duapuluh Bacaleg di Kulonprogo Tidak Lolos Verifikasi

Hamdan menjelaskan, 14 bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi starat tersebut berasal dari delapan parpol berbeda. Yakni, Partai Gerindra (1), Partai Golkar (2), Partai Nasdem (5), Partai Garuda (2), Perindo (1), PPP (1), Partai Hanura (1) dan PBB (1).

Sedangkan penyebab gagal lolosnya para bacaleg itu pun bervariasi, antara lain karena belum menyertakan surat keterangan dari pengadilan negeri, kemudian ada ijazah yang belum dilegalisir dan lain sebagainya.

"Ada juga yang sangat banyak, ketika tahapan pertama lalu, yang dinyatakan belum memenuhi syarat, saat diberi kesempatan perbaikan, berkasnya sama sekali tidak diperbaiki," jelasnya. (tribunjogja)

Penulis: aka
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved