Pendidikan

Ratusan Mahasiswa DIY ikut Semarakan Harmoni Indonesia 2018 di UGM

Peserta dari Aceh sampai Papua, dengan efisien tanpa perlu datang ke satu tempat dapat melakukan kegiatan secara bersama, serasa bertatap muka.

Ratusan Mahasiswa DIY ikut Semarakan Harmoni Indonesia 2018 di UGM
dok humas UGM
Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di DIY ikut terlibat dalam Harmoni Indonesia 2018, Minggu (5/8/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Gadjah Mada (UGM) ikut andil menyemarakkan paduan suara yang dilakukan serentak dalam Harmoni Indonesia 2018, Minggu (5/8/2018).

Kegiatan yang melibatkan jutaan mahasiswa di seluruh Indonesia ini dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 dan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Kegiatan ini memanfaatkan teknologi live streaming sehingga mahasiswa-mahasiswa yang berada di tiap provinsi di Indonesia dapat dikoordinasikan dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan secara bersama-sama.

Baca: Rektor UGM Lepas Balon Berhadiah Tandai Dies ke-69

Harmoni Indonesia 2018 merupakan upaya bangsa Indonesia untuk cinta tanah air serta menumbuhkan kembali jiwa patriotik kaum muda Indonesia.

Kegiatan ini dipusatkan di koridor Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Sebanyak 34 Perguruan tinggi negeri dan swasta dari 34 provinsi serta beberapa perwakilan mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri ikut bernyanyi bersama dalam satu kesatuan waktu di bawah komando Presiden Joko Widodo. Presiden didampingi Addie MS sebagai dirigen orkestrasi massa terbesar dalam tahun ini.

Sementara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ditunjuk sebagai koordinator tim paduan suara dan telah menentukan 33 titik kumpul. UGM dipilih sebagai titik lokasi kumpul untuk wilayah DIY.

Tak hanya mahasiswa UGM saja, kegiatan kali ini juga menjaring mahasiswa dari luar UGM, dan keterlibatan aparat kepolisian yang turut bernyanyi.

Caranya dengan memanfaatkan teknologi live conference maupun live streaming yang terkoneksi secara nasional.

Selain lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dalam acara ini dikumandangkan pula lagu-lagu, seperti Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa dan Padamu Negeri.

Baca: Menristekdikti RI Apresiasi Gelar Expo Mahasiswa UTY

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved