Breaking News:

Kota Jogja

UPT Malioboro Minta Becak dan Andong Dukung Penataan Malioboro

Kepala UPT Malioboro masih menunggu Dinas Perhubungan untuk bisa melaksanakan sosialisasi pada komunitas becak dan andong.

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNjogja.com | HASAN SAKRI
Sejumlah becak melintas di kawasan Malioboro beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala UPT Malioboro, Ekwanto meminta agar seluruh komunitas di Kawasan Malioboro untuk mendukung revitalisasi Malioboro, khususnya becak dan andong yang rencananya dalam waktu dekat ini akan mulai dilakukan penataan terkait pangkalan yang bisa mereka gunakan nantinya.

Namun, hingga saat ini, Ekwanto masih menunggu pihak Dinas Perhubungan untuk berkoordinasi dengan pihaknya agar bisa segera melaksanakan sosialisasi kepada komunitas tersebut.

Baca: Becak Kayuh Malioboro Berharap Ditata, Bukan Digeser

"Nanti saya minta dari Dishub DIY yang sosialisasi juga termasuk rencana pembongkaran Tugu. Kemarin saya didatangi dari Pengelola Parkir ABA terkait pembongkaran Tugu KB. Saya jawab itu ranahnya Dishub DIY dan nanti saya minta untuk sosialisasi dulu," terangnya pada Tribunjogja.com, Sabtu (4/8/2018).

Ia pun mengatakan bahwa penataan yang dilakukan pemerintah adalah untuk membuat wajah Malioboro menjadi lebih tetib, baik, dan teratur.

Termasuk dalam menata transportasi tradisional yang masih terjaga hingga sekarang.

"Wilayah lain sudah semakin berbenah dan berbenah. Kalau kita tidak menata diri, sudah ditata tapi masih semrawut, ini yang saya tidak mau. Ke depan kalau tidak mau ditata, tidak mau ditertibkan, tidak mau lebih baik, ya lebih baik tidak usah di Malioboro," tegasnya.

Ia pun mengingatkan kepada pelaku andong dan becak agar tidak mangkal di jalur cepat karena akan menganggu lalu lintas dan juga melanggar ketertiban Kawasan Malioboro.

"Termasuk harga, jangan pernah nuthuk harga," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Becak Yogyakarta, Jiyono menjelaskan bahwa terdapat sekitar 700 becak kayuh yang tersebar di Kawasan Malioboro.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved