Kulonprogo

Terdampak Kekeringan, BPBD Kulonprogo Terima 1.300 Tangki Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo sejauh ini telah menerima 1.300 tangki air bersih untuk penanganan dampak musim kemarau.

Terdampak Kekeringan, BPBD Kulonprogo Terima 1.300 Tangki Air Bersih
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu
Petugas PMI Kulonprogo mendistribusikan air bersih ke SMP 4 Pengasih di Desa Sidomulyo, Senin (30/7/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo sejauh ini telah menerima 1.300 tangki air bersih untuk penanganan dampak musim kemarau.

Namun demikian, jumlah tersebut diperkirakan tidak mencukupi sehingga perlu kesediaan berbagai elemen untuk turut berdonasi.

Bantuan air bersih yang telah didapatkan BPBD antara lain 600 tangki dari pihak ketiga (PLN 150 tangki dan BPD DIY 250 tangki) dan Dinas Sosial DIY 450 tangki.

Ditambah 450 tangki dari pemanfaatan Dana Tak Terduga (DTT) mulai awal Agustus 2018 ini.

Rata-rata kapasitas air tiap tangki sekitar 5.000 liter sehingga total ada 6,5 juta liter air bersih yang disediakan untuk mengatasi efek musim kemarau panjang tahun ini.

"Sebagian di antaranya telah didistribusikan kepada warga yang kesulitan air bersih dan telah mengajukan permohonan bantuan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariadi pada Tribunjogja.com, Kamis (2/8/2018).

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo juga telah menetapkan status tanggap darurat kekeringan melalui Surat Keputusan Bupati nomor 33/A/2018 yang berlaku mulai 25 Juli 2018 hingga September 2018 nanti.

Status tersebut menurut Ariadi merupakan yang tertinggi dalam penanganan dampak kekeringan.

Dengan adanya peningkatan status ini diharapkannya seluruh elemen masyarakat bisa tergerak untuk turut berpartisipasi membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Terakhir, komunitas penggemar mobil Panther juga turut ambil bagian memberikan bantuan air bersih.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved