Yogyakarta

BMKG DIY Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan

Wilayah yang sudah lebih dari 1 bulan atau 30 hari tidak turun hujan sama sekali, bakal berpeluang kekeringan.

BMKG DIY Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan
BMKG DIY
Daerah kurang hujan di DIY menurut prediksi BMKG DIY 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengeluarkan peringatan dini kekeringan yang merupakan efek dari kondisi cuaca yang terjadi belakangan ini.

Kepala BMKG Yogyakarta, Djoko Budiyono menjelaskan, wilayah yang sudah lebih dari 1 bulan atau 30 hari tidak turun hujan sama sekali, bakal berpeluang kekeringan.

Apalagi lebih dari 2 bulan tidak turun hujan sama sekali maka potensi kekeringan secara meteorologis besar kemungkinan dapat terjadi.

Baca: Kulonprogo Tetapkan Status Tanggap Darurat Kekeringan

"Sebagian besar wilayah yogya khususnya bagian selatan adalah wilayah yang lebih kering ( kurangnya hujan) sehingga peluang terjadinya kekeringan lebih besar di banding bagian utara Yogya," terang Djoko pada Tribunjogja.com, Kamis (2/8/2018).

Djoko menyarankan , lantaran puncak musim kemarau masih terjadi sehingga untuk mulai mengantisipasi kekurangan air adalah dengan berhemat air.

Baca: Waspadai 4 Penyakit yang Dapat Bertambah Buruk Saat Musim Kemarau

Petani diimbau menanam palawija serta menghindari aktivitas yang menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

Adapun cuaca hari ini BMKG DIY memprediksi bakal cerah berawan dari pagi hingga siang hari di hampir seluruh wilayah DIY.

Untuk suhu rata rata diprediksi berkisar antara 21 hingga 32 derajat celcius dengan kecepatan angin 20 km per jam menuju arah barat laut.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: yud
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved