Pendidikan

Skagata Career Center Berikan Optimalisasi Layanan BKK Kepada Pencari Kerja Lulusan SMK

SMKN 3 Yogyakarta meluncurkan inovasi baru berbasis teknologi Informasi yakni Portal Karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus (BKK)

Skagata Career Center Berikan Optimalisasi Layanan BKK Kepada Pencari Kerja Lulusan SMK
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
SMKN 3 Yogyakarta (SKAGATA) meluncurkan Portal Karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 3 Yogyakarta pada Rabu (1/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - SMKN 3 Yogyakarta meluncurkan inovasi baru berbasis teknologi Informasi yakni Portal Karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus (BKK) pada Rabu (1/8/2018).

Latar belakang munculnya inovasi berbasis teknologi informasi ini diantaranya guna memberikan optimalisasi layanan BKK kepada alumni atau pencari kerja lulusan SMK.

Selain itu inovasi ini muncul karena keresahan pengurus BKK dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data para kandidat pencari kerja yang melamar kerja melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta.

Baca: HUT ke-53, SMKN 3 Yogyakarta Luncurkan Portal Karir Skagata Career Center

Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta, Faiz Mudhokhi mengatakan, selama ini, para pelamar kerja setiap melamar pekerjaan melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta diharuskan mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan dokumen lamaran kerja.

Kemudian perusahaan juga menginginkan  rekap pendaftar lowongan dalam bentuk file excel sehingga pengurus BKK harus menulis ulang data formulir pencari kerja.

"Sehingga kami harus kerja dua kali. Selain itu dokumen lamaran dan formulir itu menjadi menumpuk memenuhi lemari dokumen apabila perusahaan tidak membawanya," kata Faiz.

Melalui Portal Karir yang beralamat di http:www.bursakerjasmk.sch.id, para pelamar kerja dapat melamar di mana saja tanpa harus datang ke kantor BKK.

Baca: Skagata Career Center Diharapkan Dapat Menekan Angka Pengangguran

Cukup dengan membuat akun dan mengisi data Curriculum Vitae dengan lengkap serta mengunggah dokumen lamaran, setiap pelamar kerja dapat melamar kerja pada lowongan yang tersedia dengan cukup 1 kali klik tombol "Lamar Kerja."

Dengan adanya portal karir ini, BKK dan perusahaan dapat dimudahkan dalam mendapatkan kandidat serta melakukan seleksi secara online.

Ia menambahkan, tujuan dibuatnya website ini untuk memudahkan semua pihak antara BKK, Perusahaan, dan Pencari kerja.

"Dengan sekali klik, pencari kerja mudah dalam melamar kerja, perusahaan mudah mendapatkan data pelamarnya, dan BKK dapat dengan mudah mendapatkan data pelamar serta hasil recruitment dapat cepat kami sampaikan kepada Pihak Disnaker untuk pelaporan penempatan tenaga kerja yang rutin BKK lakukan," tuturnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved