Pendidikan

HUT ke-53, SMKN 3 Yogyakarta Luncurkan Portal Karir 'Skagata Career Center'

Portal ini merupakan Portal Karir pertama di Indonesia yang dibuat untuk menghubungkan antara BKK SMK, Perusahaan dan Lulusan SMK Pencari Kerja

HUT ke-53, SMKN 3 Yogyakarta Luncurkan Portal Karir 'Skagata Career Center'
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
SMKN 3 Yogyakarta (SKAGATA) meluncurkan Portal Karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 3 Yogyakarta pada Rabu (1/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bertepatan dengan peringatan HUT ke-53, SMKN 3 Yogyakarta (SKAGATA) meluncurkan Portal Karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 3 Yogyakarta pada Rabu (1/8/2018).

Portal ini merupakan Portal Karir pertama di Indonesia yang dibuat untuk menghubungkan antara BKK SMK, Perusahaan dan Lulusan SMK pencari kerja yang dapat memberikan lowongan yang relevan sesuai jurusan pencari kerja.

Melalui portal ini, para pencari kerja bisa mendapatkan lowongan yang relevan sesuai jurusan pencari kerja, dan Perusahaan secara otomatis mendapatkan CV serta menyeleksi kandidat secara online.

Baca: Info Lowongan Kerja BUMN - PT Krakatau Steel dan PT Virama Karya Buka Rekrutmen Agustus 2018

Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja.

Selain itu juga unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, yang merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Optimalisasi layanan BKK kepada alumni atau pencari kerja lulusan SMK menjadi salah satu latar belakang munculnya inovasi berbasis teknologi informasi.

Kepala SMKN 3 Yogyakarta, Bujang Sobri berharap dengan meluncurkan Portal Karir Skagata Career Center ini dapat berkembang maju untuk membantu tenaga pencari kerja.

Baca: BUMN Perum Peruri Buka Lowongan Pekerjaan untuk Lulusan D3 dan S1/D4, Klik di Sini untuk Mendaftar

"Seperti biro jodoh dunia usaha industri dengan pencari kerja," ujar Bujang Sobri.

Tentunya pihaknya juga berharap, seluruh tenaga kerja khusunya lulusan SMK bisa menemukan tempat kerja yang sesuai.

"Diharapkan dunia usaha industri bisa memberikan semua jenis lowongan kerja yang bisa di masukkan Skagata Career Center," lanjut dia.

Ditambahkannya, lowongan pekerjaan ini tidak hanya yang ada di DIY saja, tetapi juga di luar DIY, termasuk para pencari kerja lingkupnya tidak hanya untuk alumni SMKN 3 Yogyakarta saja.

"Konten Skagata Career Center ini juga bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga DIY dan warga Indonesia," tuturnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved