Yogyakarta

Ribuan Murid Tapak Suci Ikuti Latihan Bersama di Alun-alun Utara

Kurang lebih 2.000 murid perguruan seni bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah dari berbagai tingkatan, mengikuti latihan bersama.

Ribuan Murid Tapak Suci Ikuti Latihan Bersama di Alun-alun Utara
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Ribuan Murid Tapak Suci Ikuti Latihan Bersama di Alun-alun Utara 

TRIBUNJOGJA.COM - Kurang lebih 2.000 murid perguruan seni bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah dari berbagai tingkatan, mengikuti latihan bersama di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Senin (31/7/2018).

Agenda tersebut, digelar untuk memperingati hari lahir, atau milad ke-55 sebuah Organisasi Otonom (Ortom) persyarikatan Muhammadiyah yang berdiri pada 31 Juli 1963 silam itu.

Ketua Pimpinan Wilayah Tapak Suci DIY, Ahmad Djam'an, mengatakan bahwa para peserta yang ambil bagian dalam latihan bersama ini, berasal dari seluruh daerah di DIY dan sekitarnya.

Baca: Tahun Ini SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Terapkan 5 Hari Sekolah

"Ini baru sebagian kecil, kami belum mengerahkan seluruhnya untuk latihan bersama. Tapi, saya rasa ini sudah yang terbesar, dibanding peringatan milad beberapa tahun terakhir," katanya pada Tribunjogja.com.

Semakin istimewa, tutur Jam'an, dalam peringatan tahun ini dihadiri langsung oleh pendekar besar Tapak Suci, yakni Edi Nalapraya.

Bahkan, beberapa perguruan dari luar Tapak Suci pun ikut hadir.

"Ya, perguruan dari luar Tapak Suci juga hadir sore ini. Misalnya, dari Merpati Putih dan sebagainya. Mereka datang untuk memberi ucapan selamat pada Tapak Suci," ucapnya.

Di samping latihan bersama, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai ajang mendeklarasikan dukungan kepada calon anggota DPD RI, hasil Muspimwilsus Muhammadiyah DIY, Afnan Hadikusumo.

"Tapak Suci siap menjadi garda terdepan dalam mengawal hasil Muspimwilsus Muhammadiyah DIY. Kami menyatakan sikap untuk mendukung Afnan Hadikusumo," tambah Djam'an.

Baca: Tutup Kegiatan MPLS, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Gelar Outbound

Sementara itu, Afnan Hadikusumo, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci, menyatakan kesiapannya untuk mengemban amanat yang telah dipercayakan kepadanya.

"Kami ucapkan terimakasih, telah merespon hasil Muspimwilsus dengan sangat baik. Insyaallah, amanat kami terima dan kami jalankan dengan sebaik mungkin," ungkapnya.

Lebih lanjut, Afnan mengungkapkan jika Tapak Suci dewasa ini sudah semakin mendunia dan berkembang di berbagai negara, seperti Singapura, Taiwan, Brunei Darussalam, Taiwan, Mesir, hingga Aljazair.

"Kemudian, di Eropa juga, seperti Perancis, Jerman, Austria dan Belanda. Memang, di sana belum banyak yang beragama Islam, tapi Tapak Suci sudah memberi warna," pungkas penyandang sabuk hitam Tapak Suci itu. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved