Yogyakarta

Menpar RI Dukung Langkah Genpi Ciptakan 8 Destinasi Digital di Yogyakarta

Rencananya DIY akan memiliki delapan destinasi digital yang tersebar di Bantul, Gunungkidul, Sleman serta Kulonprogo.

Menpar RI Dukung Langkah Genpi Ciptakan 8 Destinasi Digital di Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Menteri Pariwisata Arief Yahya (dua dari kiri) saat melakukan dialog nasional di Pasar Kaki Langit Mangunan Dlingo Bantul, Selasa (31/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendukung langkah Genpi (Generasi Pesona Indonesia) Yogyakarta untuk membuat tujuh lagi wisata digital serupa selain Pasar Kaki Langit di beberapa titik di DIY.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam kunjungan serta dialog nasional mengenai destinasi digital di Pasar Kaki Langit Mangunan Dlingo Bantul, (31/7/2018) sore.

Dukungan disampaikan olehnya usai menerima laporan rencana pengembangan destinasi digital oleh koordinator Genpi Yogyakarta yang akan membuat destinasi digital selain Pasar Kaki Langit.

Baca: Pakai Blangkon, Menteri Pariwisata Kunjungi Pasar Kaki Langit

"Genpi sebagai pengelola destinasi digital meski tidak memiliki area wisatanya tapi harus bisa memberikan dampak caranya dengan melakukan sharing economy," kata Arief pada Tribunjogja.com.

Selain itu, Arief melanjutkan, tak hanya melulu soal operational return yang diharapkan oleh Menpar untuk bisa kembali modal dan berputar namun lebih dari itu, menurutnya bisnis digital wisata harus memiliki non-operational return yang lebih tinggi, dicontohkan value dari usaha dan bisnis digitalnya yang harus lebih meningkat.

"Contohnya, hadirnya destinasi digital membuat pendapatan masyarakat sekitar meningkat itu bagus tapi ciri yang digital itu nilai tertinggi bukan dari operational return tapi dari non operational return," lanjutnya.

Arief pun berharap semangat anak muda yang tergabung dalam Genpi terus menggelora agar terus membuat destinasi digital baru yang akan meningkatkan nilai atau value dari Genpi sehingga akan berguna bagi masyarakat.

Baca: Kreatif! Warga Bantul Bikin Dawet dari Daun Pisang

Dalam laporan Koordinator Genpi, rencananya DIY akan memiliki delapan destinasi digital yang tersebar.

Yakni tiga destinasi di Bantul, tiga destinasi di Gunungkidul, satu di Sleman serta satu destinasi terletak di Kulonprogo.

"Jika terealisasi dan berhasil maka Yogyakarta akan menjadi daerah dengan destinasi digital terbanyak di Indonesia," kata Arief.

Genpi Yogyakarta rencananya akan mengembangkan destinasi digital di beberapa daerah yakni di Bantul dengan destinasi digital yakni Pasar Kaki Langit, Wisata Muntuk Sentra Kerajinan Bambu dan Pantai Depok dengan Lagunanya.

Sementara untuk Gunungkidul akan ada destinasi digital Ngringngrong, Telaga Jonge serta Wisata Nglanggeran.

Untuk Kulonprogo akan ada wisata digital Kebun Teh serta Sleman ada Wisata Candi Banyunibo.  (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved