Bantul

Harganas ke-25, BKKBN Fokus Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Mengatakan sensus demografi dan kesehatan Indonesia tahun 2017 mencatat angka kelahiran wanita Indonesia mengalami penurunan.

Harganas ke-25, BKKBN Fokus Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Deputi bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN pusat, Prof Muhammad Rizal Damanik memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sleman (juara I) Kota Yogyakarta (juara II) dan Bantul (juara III) yang ikut andil dalam peningkatan kualitas keluarga. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Melalui peringatan Hari Keluarga Nasional ke-XXV, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) fokus berupaya meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.

Deputi Pelatihan dan Pengembangan BKKBN pusat, Prof Muhammad Rizal Damanik, mengatakan sensus demografi dan kesehatan Indonesia tahun 2017 mencatat angka kelahiran wanita Indonesia mengalami penurunan.

Dari sebelumnya tahun 2012 tercatat 2.6 anak per-wanita, saat ini menjadi 2.4 anak per-wanita secara rata-rata tingkat Nasional.

"Khusus DIY angkanya mencapai atau mendekati angka nasional sekitar 2.1 (perwanita). Ini satu prestasi," ujar Rizal Damanik, saat memberi sambutan peringatan Hari Keluarga Nasional ke-XXV di Stadion Sultan Agung, Selasa (31/7/2018).

Baca: Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 Digelar di Stadion Sultan Agung Bantul

Dengan angka itu, menurut Rizal, saat ini menjadi tugas BKBN adalah bagaimana meningkatkan kualitas penduduk melalui strategi program pembangunan keluarga.

Sehingga ke depan, Indonesia diharapkan dapat dikelola dengan baik oleh generasi yang berkualitas, sehat dan tahan terhadap tantangan.

Berbagai upaya peningkatan kualitas penduduk sebenarnya sudah dilakukan BKKBN, di antaranya melalui penyuluhan keluarga untuk memberi pemahaman fungsi keluarga.

Peningkatan kerjasama lintas sektor dalam upaya meningkatkan peran dan fungsi keluarga.

Baca: 2 Hari Berturut-turut, BKKBN DIY Gelar Integrasi Kampung KB di 4 Tempat

Meningkatkan tenaga penyuluh lapangan, dengan dibekali kemampuan peningkatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya keluarga berencana.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved