Gunungkidul

Beberapa EWS di Gunungkidul Hilang dan Rusak

Edy mengatakan jumlah kerugian akibat hilang dan rusaknya EWS mencapai Rp 1 milliar, untuk EWS yang rusak masih dalam pantauan dan pengecekan.

Beberapa EWS di Gunungkidul Hilang dan Rusak
Tribun Jogja
Gunungkidul 

Calon Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Beberapa piranti Early Warning System (EWS) rusak bahkan hilang menyulitkan kinerja tim SAR yang berada di kawasan pantai selatan Gunungkidul akibat gelombang tinggi pada Rabu lalu (25/7/2018).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edy Basuki saat dihubungi Tribunjogja, Selasa (31/7/2018).

"Total kami ada 7 buah EWS sebagian hilang sisanya rusak, sebelumnya terpasang di Pantai Drini, Pantai Siung, Wediombo, Ngrenehan, Sepanjang, Kukup saat ini beberapa membutuhkan perbaikan," tuturnya.

Baca: Pemkab Gunungkidul Siapkan Perjanjian dengan Pedagang di Pesisir Pantai Selatan

Edy mengatakan jumlah kerugian akibat hilang dan rusaknya EWS mencapai Rp 1 milliar, untuk EWS yang rusak masih dalam pantauan dan pengecekan.

"Waktu dekat akan membuat surat laporan hilang dan rusaknya EWS di BNPB agar segera mendapatkan ganti," katanya.

Edy mengatakan penggantian EWS tidak bisa dalam waktu dekat karena harus dilakukan rapat penganggaran, di sisi lain pemerintah pusat saat ini sedang fokus dalam penanggulangan bencana di daerah lainnya.

"Satu diantaranya adalah penanggulangan gempa bumi di Lombok," imbuhnya.

Baca: Belajar Strategi Pengurangan Resiko Bencana, Mahasiswa dari 12 Negara Ikuti Eco-DRR di UGM

Sementara itu koordinator SAR Satlinmas korwil II Wilayah Baron Marjono mengatakan dengan hilang dan rusaknya EWS kinerja tim SAR menjadi lebih berat.

"Harapan kedepannya dapat segera diganti dan ditambah karena sebanyak 37 titik sepanjang 72 km baru ada 7 EWS jumlah tersebut masih kurang," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved