Bisnis

HIMKI DIY Ajak Pengusaha dan Industri Meubel dan Kerajinan Lokal untuk Kreatif

Himpunan Industri Meubel dan Kerajinan (HIMKI) DIY mengajak para pelaku bisnis serta UMKM meubel dan kerajinan untuk kreatif menghadapi pasar global

HIMKI DIY Ajak Pengusaha dan Industri Meubel dan Kerajinan Lokal untuk Kreatif
dok HIMKI
Pengrajin Industri Meubel dan Kerajinan di Indonesia 

Laporan Reporter Tribun Jogja Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Himpunan Industri Meubel dan Kerajinan (HIMKI) DIY mengajak para pelaku bisnis serta UMKM meubel dan kerajinan untuk kreatif menghadapi pasar global.

Timbul Raharjo, perwakilan HIMKI DIY menuturkan kreativitas, eksklusifitas dan persaingan harga produk menjadi kunci kesuksesan produk kerajinan dan meubel diterima oleh pasar.

"Persaingan sekarang paling besar itu dengan produk asal China, mereka menawarkan harga yang murah dan kompetitif, kita harus bisa bersaing dengan produk tersebut," kata Timbul, Senin (30/7/2018).

Baca: HIMKI Khawatir Produk Impor Kuasai DIY

Selain itu, kualitas juga menjadi salah satu tolok ukur pemilihan konsumen dalam hal produk.

Ditambah kreativitas maka akan meningkatkan nilai dari sebuah produk menjadi lebih mahal.

"Kombinasi antara produk yang bagus ditambah dengan sentuhan kreatifitas maka akan meningkatkan nilai seni dari produk tersebut," lanjutnya.

Melalui kombinasi tersebut pihaknya berharap para pelaku industri ini mampu bersaing dengan pasar global sehingga produk Indonesia dapat diterima dipasar lokal dan Internasional.

Baca: Eksportir Meubel di DIY Masih Terkendala SVLK

"Ketika produk itu biasa namun diberi sentuhan kreativitas dipadukan dengan seni maka akan menjadi eksklusif, itu yang akan menjadikan harga bisa lebih tinggi," katanya.

Pihaknya berharap, para pengusaha industri meubel serta kerajinan di Indonesia dan DIY khususnya dapat meningkatkan kreativitas serta daya saing sehingga mampu menjadi produsen meubel dan kerajinan yang mendunia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved