Sleman

560 Peserta Ikuti Sleman Temple Run

Sleman Temple Run merupakan lomba lari maraton, dimana rute yang dilewati adalah candi-candi yang ada di wilayah kecamatan Prambanan.

560 Peserta Ikuti Sleman Temple Run
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Bupati Sleman Sri Purnomo saat mengikuti lomba Sleman Temple Run yang diadakan di Candi Banyunibo pada Minggu (29/7/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM – Sebanyak 560 peserta dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Surabaya, Garut, Bandung, Jawa Tengah maupun dari luar negeri seperti Belanda, Kenya, Australia, dan Thailand mengikuti Sleman Temple Run yang diadakan di Candi Banyunibo pada Minggu, (29/7/2018).

Even tahunan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama dengan Trail Runners Yogyakarta tersebut merupakan satu diantara upaya pemerintah Kabupaten Sleman untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Baca: Dinas Pariwisata Sleman Kembali Gelar Sleman Temple Run

Sudarningsih selaku Kepala Dinas Pariwisata Sleman menjelaskan, Sleman Temple Run merupakan lomba lari maraton, dimana rute yang dilewati adalah candi-candi yang ada di wilayah kecamatan Prambanan seperti Candi Banyunibo, Barong, Sojiwan, Miri, Ijo serta situs Arca Gupala.

“Temple Run baru ada di Sleman. Lari lintas alam dari candi ke candi tidak dimiliki oleh daerah lain. Kita sudah 4 kali melakukan ini. Ini bisa menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri untuk kabupaten Sleman,” katanya pada Tribunjogja.com.

Dia juga mengungkapkan, total hadiah yang diperebutkan sebanyak Rp 100 juta, dengan tiga kategori lomba, yakni 25K dan 13K dan kategori TNI/Polri 25K.

Ramdhan Krisnawan dari Trail Runners Yogyakarta menjelaskan, dibanding tahun-tahun sebelumnya, Sleman Temple Run kali ini lebih menantang, pasalnya medan yang dilewati adalah permukaan tanah dan batuan yang tidak rata sepanjang rute.

“Lomba melalui perbukitan dengan total tanjakan mencapai 1.080 meter untuk kategori 25K. Sedangkan untuk 13K terdapat tanjakan mencapai 540 meter,” jelasnya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo yang juga menjadi peserta Sleman Temple Run dengan kategori 13K, yang juga mampu mencapai finish dengan catatan waktu 3 jam 58 menit mengaku sangat bersemangat dan mengapresiasi diadakannya even tersebut.

Baca: Sleman Temple Run Akan Lewati 6 Situs Sejarah, Dimulai dari Candi Banyunibo

 “13K dengan tanjakan dan turunan yang luar biasa. Namun dengan semangat kebersamaan dan saling memberikan support semua termotivasi hingga mampu mencapai garis finish,” katanya.

Bupati juga mengajak seluruh kalangan untuk berpartisipasi dan ikut meramaikan even serupa di tahun depan. Bupati juga mengatakan bahwa Sleman Temple Run nantinya bisa dijadikan sebagai pilihan pariwisata minat khusus.

Adapun peraih juara pertama diraih oleh Samson Karega Kamau dengan catatan waktu 2 jam untuk kategori 25K, dan Muh Adi Saputra yang juga peraih juara pertama kategori 13K dengan catatan 1 jam 5 menit. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved