Inspirasi

Inovasi Becak Tradisional Yogyakarta, Agus Modif Becak Kayuh Jadi Tenaga Listrik

Ide memodifikasi becak listrik itu diawali dari kegelisahan Agus Budiarta dengan keberadaan becak motor di jalanan Yogyakarta.

Inovasi Becak Tradisional Yogyakarta, Agus Modif Becak Kayuh Jadi Tenaga Listrik
TRIBUNjogja.com | Hanin Fitria
Agus Budiarta bersama becak hasil modifikasinya di kantor Tribunjogja.com, Kamis (27/7/2018) 

Kreatifitas adalah kunci! mengubah becak kayuh menjadi becak listrik, tak melanggar peraturan dan bebas polisi. Hal itulah yang dilakukan Agus Budiarta pemilik becak tenaga listrik. Becak ini tak menggunakan panel surya tapi modifikasi dinamo dan aki.

Ide memodifikasi becak listrik itu diawali dari kegelisahan Agus Budiarta  warga Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta dengan keberadaan becak motor (betor) yang banyak beroperasi di jalanan Yogyakarta.

Namun kini pemilik becak listrik ini mengaku tenang dan tidak takut jika terdapat razia dari polisi lalu lintas.

Menurut pengakuannya, becak motor sering kali mendapatkan masalah dan terkena razia polisi lalu lintas karena tak memiliki izin operasi.

"Saya prihatin kalau kerja kok tidak tenang, tengok kanan dan kiri takut dirazia (oleh polisi lalu lintas)," ungkap Agus saat ditemui Tribunjogja.com, Kamis (26/7/2018).

BECAK Sejumlah becak melintas di kawasan Nol Kilometer, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2018) Saat ini kendaraan roda tiga ini sudah banyak yang dimodifikasi menjadi becak motor meskipun sampai saat ini legalitas dari becak motor belum ada
BECAK Sejumlah becak melintas di kawasan Nol Kilometer, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2018) Saat ini kendaraan roda tiga ini sudah banyak yang dimodifikasi menjadi becak motor meskipun sampai saat ini legalitas dari becak motor belum ada (TRIBUNjogja.com | HASAN SAKRI)

Dalam penuturannya, Agus juga mengaku bahwa setelah merakit becak listrik tersebut dirinya kemudian mendaftarkan becaknya untuk mendapatkan surat izin operasi dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

"Dua minggu yang lalu saya ke Dishub, alhamdulillah dapat surat izin operasi dan kir," ungkapnya.

Selain mendapatkan surat-surat, Agus juga bercerita bahwa Dishub Kota Yogyakarta terkejut dengan penemuan becak listrik tersebut.

Agus menambahkan bahwa Dishub Kota Yogyakarta justru memberikan apresiasi dan ingin menjadikan dirinya sebagai ikon becak listrik di masa depan.

Becak temuan Agus bersama temannya tersebut merupakan inovasi lebih lanjut dari becak listrik yang sebelumnya telah ada.

Halaman
123
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved