Jawa

Paslon Zaenal Arifin-Edi Cahyana Ditetapkan Jadi Cabup dan Wabup Magelang Terpilih 2019-2024

Penetapan ini berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang memenangkan paslon nomor urut 1 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang

Paslon Zaenal Arifin-Edi Cahyana Ditetapkan Jadi Cabup dan Wabup Magelang Terpilih 2019-2024
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin, menyerahkan berita acara penetapan calon terpilih kepada calon Wakil Bupati Magelang terpilih, Edi Cahyana, pada rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018, di GOR Gemilang, Komplek Pemkab Magelang, Rabu (25/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang, Zaenal Arifin dan Edi Cahyana, ditetapkan menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Magelang tahun 2019-2024, Rabu (25/7/2018).

Penetapan ini berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang memenangkan paslon nomor urut 1 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018 lalu.

Penetapan Zaenal Arifin dan Edi Cahyana menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang terpilih ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, pada rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018, di GOR Gemilang, Komplek Pemkab Magelang, Rabu (25/7/2018).

Baca: MoU Pemkot dan Kejari Kota Magelang, Antisipasi Pelanggaran Hukum pada Birokrasi

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin, mengatakan, dasar penetapan calon terpilih dari Keputusan KPU Kabupaten Magelang Nomor 82/PL.03.7-Kpt/3308/KPU-Kab/VII/2018 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018.

Dalam surat keputusan tersebut ditetapkan pasangan calon nomor urut 1 dengan partai pengusung PDIP, PKB, PPP, PAN dan Demokrat, yakni calon Bupati terpilih adalah Zaenal Arifin, dan nama calon wakil bupati terpilih, Edi Cahyana, dengan perolehan suara sah 392.789 atau 55,59 persen.

"Dari hasil rekapitulasi suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018 lalu, dan rapat pleno terbuka yang kami laksanakan hari ini, kami tetapkan Zaenal Arifin dan Edi Cahyana, keduanya sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang terpilih 2019-2024," ujar Afifuddin, Rabu siang.

Lanjut Afifuddin, salah satu alasan penetapan ini juga dari surat keputusan dari KPU RI Nomor739/PY.03-SD/03/KPU/VII/2018 terkait penetapan paslon terpilih tanpa permohonan hasil perselisihan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018.

Tak ada permohonan hasil perselisihan yang diajukan kepada Mahkamah Konstitusi pada Pilkada Magelang, sehingga paslon terpilih tetap ditetapkan.

Baca: Pedagang Mogok, Pemkot Magelang Pastikan Stok Daging Ayam Tetap Aman

"Merujuk pada daftar register pengajuan perselisihan hasil pilkada 2018 ada 70 Kabupaten/Kota yang diajukan, dan di Kabupaten Magelang tidak terdapat permohonan perselisihan hasil pemilihan sehingga penetapan calon terpilih dapat dilaksanakan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved