Pendidikan

Mahasiswa Unisa Yogyakarta Ikuti Pelatihan di Taiwan

Pelepasan kepada 5 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa untuk mengikuti pelatihan di Taiwan International HealthCare Training Center

Mahasiswa Unisa Yogyakarta Ikuti Pelatihan di Taiwan
ist
5 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa untuk mengikuti pelatihan di Taiwan International HealthCare Training Center (TIHTC) selama 3 Minggu (16 Juli-8Agustus). 

TRIBUNJOGJA.COM - Bertempat di ruang 3.03 kampus Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Jumat 14 Juli 2018 Kepala Kerjasama Internasional David Sulistiawan Aditya, S.Pd.,M.A membuka acara pelepasan kepada 5 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa untuk mengikuti pelatihan di Taiwan International HealthCare Training Center (TIHTC)  selama 3 Minggu (16 Juli-8Agustus).

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I UNISA, Taufiqur Rahman, SIP., MA., Ph.D menyampaikan bahwa mahasiswa yang menjadi delegasi ke Taiwan harus mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik- baiknya dengan menyerap semua keilmuan yang dipelajari selama pelatihan, sehingga berguna untuk profesi yang sedang dijalankan oleh mahasiswa masing- masing.

Koordinator Kerjasama Internasional Indriani, M.Sc., menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu realisasi kerjasama antara UNISA dengan TIHTC yang telah disepakati beberapa tahun lalu.

Mahasiswa mengikuti pelatihan ini tujuannya untuk memperluas wawasan terkait perawatan di negara maju.

Beberapa kegiatan yang diikuti antara lain mengikuti perkuliahan/kelas tentang keperawatan, kunjungan ke beberapa sektor kesehatan di Taiwan, culture tour dan final presentation.

Materi Pelatihan untuk keperawatan memfokuskan pada materi Surgical Nursing, Nursing Emergency Management (NEMS), General Ward.

Sedangkan Kebidanan memfokuskan pada Perinatal Care dan diberi kesempatan untuk praktik di Rumah Sakit atau klinik kebidanan selama 1 minggu.

Sementara itu Ketua Program Studi S1 Keperawatan dan D4 Bidan Pendidik Suratini, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kom. Fitria Siswi Utami, S.SiT., MNS mengutarakan sekembalinya 5 mahasiswa ini ke Indonesia nantinya bisa menularkan ilmu dan berbagi pengalaman yang mereka peroleh dari Taiwan kepada teman- temanya di Unisa.

Harapannya, ketika kembali ke UNISA mampu memberikan warna positif bagi teman-teman lainnya.

 “Sebagai tenaga kesehatan dalam era global tidak hanya melakukan hal-hal yang sifatnya rutinitas saja tapi juga harus mampu menjadi duta bangsa/ Ambasador dan menjadi agen of chance bagi lingkungan sekitar,” tutur Fitria menutup pertemuan dengan mahasiswa. (*)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved