Bisnis

Sambut Hari Anak Nasional 2018, Shopee Berikan Edukasi Mendidik Anak di Era Digital

Menyambut Hari Anak Nasional 2018, BincangShopee edisi ketiga membahas topik 'Tips Cerdas Mendidik Anak di Era Digital'

Sambut Hari Anak Nasional 2018, Shopee Berikan Edukasi Mendidik Anak di Era Digital
internet
Shopee 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Menyambut Hari Anak Nasional 2018, BincangShopee edisi ketiga membahas topik 'Tips Cerdas Mendidik Anak di Era Digital', Sabtu (21/7/2018).

Acara yang merupakan kegiatan bulanan Shopee ini merupakan wadah bagi para pengguna dan masyarakat luas untuk berbagi ilmu dan solusi yang menampilkan Najeela Shihab, inisiator All Murid Semua Guru dan Keluarga Kita, yang berbagi tips bagaimana orang tua dapat memastikan anak-anak mereka berinteraksi dengan teknologi dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab.

Acara ini menandai salah satu komitmen Shopee untuk mendukung pendidikan dan pengembangan anak muda serta anak-anak Indonesia, khususnya di era digital.

Baca: Shopee Hadirkan Pilihan Mainan Lokal Edukatif Sambut Hari Anak Nasional

“Sebagai perusahaan teknologi, penting bahwa Shopee juga berperan dalam membantu menciptakan lingkungan digital yang baik bagi pengguna. Untuk sesi BincangShopee ini, kami berharap kami dapat menginspirasi para orang tua untuk mengajari anak-anak cara menggunakan teknologi digital secara bijaksana sejak usia dini, dan juga membentuk anak-anak Indonesia menjadi generasi cerdas digital," kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, Senin (23/7/2018).

Meskipun teknologi digital dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar dan berkembang, penting bagi orang tua untuk memantau jenis informasi apa yang dapat diakses, dan seberapa sering anak-anak menggunakan gadget mereka.

"Sebagai orang tua, kita perlu bersikap sensitif dan responsif, khususnya terkait aktivitas dan interaksi di dunia digital serta memahami tantangan dan hambatan kita sebagai orang tua. Kita perlu membekali anak keterampilan dalam dunia digital dengan memberdayakan, bukan mengontrol, serta mencontohkan, bukan menasihatkan sehingga dapat bertanggung jawab ketika berinteraksi di dunia digital,” ungkap Najeela.

Nah, untuk orang tua, berikut adalah beberapa kiat untuk dapat mengasuh anak di dunia digital dengan baik:

1. Berdayakan Anak

Bukan sekadar melarang atau mengsensor materi digital, tapi juga membekali anak dengan keterampilan untuk dapat memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved