Sleman

Cegah Terorisme, Wabup Sleman Ingin Siskamping Dihidupkan Kembali

Wakil Bupati mengimbau agar Siskamping yang berada di desa-desa untuk dihidupkan kembali.

Cegah Terorisme, Wabup Sleman Ingin Siskamping Dihidupkan Kembali
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM – Terkait dengan adanya penangkapan terduga teroris di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Sleman beberapa waktu yang lalu, Sri Muslimatun selaku Wakil Bupati Sleman mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui SK Bupati Sleman telah memerintahkan setiap Kepala Desa untuk mulai melakukan sensus kepada warganya.

Sri Muslimatun mengungkapkan, sensus tersebut diutamakan bagi pendatang yang tinggal di kos-kosan ataupun mengontrak di wilayah Sleman, yang mana tujuan dari sensus tersebut untuk mencegah adanya hal-hal yang mengganggu kekondusifan di masyarakat.

Baca: Antisipasi Terorisme, Pemkab Sleman Lakukan Pendataan Warga di Wilayahnya

“Jika kita lihat dari terduga yang kemarin diamankan, dan kejadian yang ada di Gereja yang lalu, mereka bukanlah warga asli Sleman. Namun orang-orang dari luar yang kos di Sleman. Maka dari itu Bupati mengeluarkan SK terkait sensus yang menyasar pada pendatang,” terangnya pada Tribunjogja.com.

Muslimatun menjelaskan, data sensus tersebut tanggal 25 Juli 2018 harus sudah masuk semua, yang mana setiap desa harus mengetahui berapa jumlah Kepala Keluarga (KK) dan mana saja yang memiliki kos-kosan.

“Kita harus data siapa saja yang punya kos, yang ngekos siapa, dari mana, pekerjaanya apa, harus tahu semua. Ini merupakan langkah-langkah pencegahan yang kita lakukan,” terangnya.

Untuk di Sleman sendiri, sejauh ini juga sudah ada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDN) serta Forum Kerukunan Umat Beragama.

Baca: Isu Terorisme Menguat, Wabup Pastikan Sleman Masih Kondusif

Yang mana kedua forum tersebut merupakan unsur yang vital dalam menciptakan keamanan dan kekondusifan di Kabupaten Sleman.

Wakil Bupati mengimbau agar Siskamping yang berada di desa-desa untuk dihidupkan kembali.

Hal tersebut juga sebagai langkah pencegahan.

“Kita perlu hidupkan lagi Siskamping. Kita juga minta agar setiap keluarga untuk senantiasa mengenal tetangga-tetangganya, termasuk data diri tetangganya. Semua warga harus peduli,” katanya.

 Wakil Bupati juga berharap, agar masyarakat senantiasa kondusif dan percaya kepada aparat keamanan.

”Sejauh ini masyarakat masih kondusif, meskipun sempat ditemukan terduga teroris,” katanya.(*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved