Pendaftaran bacaleg

KPU DIY Serahkan Laporan Verifikasi ke Parpol, Masih Banyak Persyaratan yang Belum Lengkap

KPU DIY Serahkan Laporan Verifikasi ke Bacaleg, Masih Ada Kekurangan Persyaratan

KPU DIY Serahkan Laporan Verifikasi ke Parpol, Masih Banyak Persyaratan yang Belum Lengkap
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat menyerahkan laporan hasil verifikasi kepada parpol. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Seluruh bakal calon legislatif (bacaleg) masih belum melengkapi detil persyaratan pendaftaran bacaleg.

Hal tersebut dijelaskan Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan seusai menyerahkan laporan hasil verifikasi kepada partai politik (parpol), di Kantor KPU DIY, Jumat (20/7/2018).

"Persyaratan yang kurang seperti ijazah. Bacaleg menyertakan gelar namun di ijazah tidak tercantum gelar tersebut, dan seterusnya," ungkapnya.

Ia pun telah memberikan catatan pada hasil verifikasi tersebut. Mulai dari persyaratan dokumen ada dan memenuhi syarat, dokumen ada tetapi tidak memenuhi syarat, dan dokumen tidak ada sehingga tidak memenuhi syarat.

Masa perbaikan, tambahnya, dimulai Sabtu (21/7/2018) dan berakhir pada Selasa (31/7/2018).

Terkait bacaleg yang pernah menjadi narapidana, Hamdan mengatakan ada satu bacaleg namun tidak termasuk sebagai narapidana atas kejahatan korupsi, bandar narkoba, dan kejahatan seksual pada anak.

Ia meminta agar masyarakat bisa memberikan tanggapan dan suaranya saat penetapan daftar caleg sementara (DCS) agar bisa ditindaklanjuti pihak KPU DIY.

"Kalau ditemukan atau mendapat laporan bacaleg dengan status narapidana khusus, dan terbukti benar, maka akan kita coret," ungkapnya. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved