Jawa

KPU Kabupaten Magelang Mutakhirkan Data Pemilih Pemilu 2019, Jumlah Diprediksi Bertambah

Jumlah daftar pemilih pun diperkirakan akan mengalami penambahan dengan adanya pemilih pemula dan daftar pemilih tambahan.

KPU Kabupaten Magelang Mutakhirkan Data Pemilih Pemilu 2019, Jumlah Diprediksi Bertambah
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilihan Umum 2019 di Hotel Atria, Kota Magelang, Kamis (19/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang melakukan pemutakhiran data pemilihan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Jumlah daftar pemilih pun diperkirakan akan mengalami penambahan dengan adanya pemilih pemula dan daftar pemilih tambahan.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin, mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemutakhiran data pemilih jelang Pemilu 2019.

Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah disusun sebelumnya didapat dari penjumlahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2018 dan jumlah pemilih pemula.

Baca: Caleg Tak Berintegritas Jadi Alasan PKPI Kota Magelang Tak Daftarkan Calegnya

Saat ini, KPU sedang melakukan pemutakhiran terhadap data DPS tersebut.

Daftar pemilih yang telah dimutakhirkan akan dijadikan DPS Hasil Perbaikan (DPS-HP), baru setelah ditetapkan jadi DPS-HP akhir dan menjadi DPT Pemilu 2019.

"DPT Pilkada kemarin, ditambah jumlah pemilih pemula menjadi DPS. Nanti ditambah lagi pemilih tidak terdaftar di DPT kemarin, seperti pemilih yang tidak tercantum dalam DPT pada Pilkada kemarin, tetapi memilih menggunakan KTP-el akan dimasukkan di situ," ujar Afifuddin, Kamis (19/7/2018) saat Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilihan Umum 2019 di Hotel Atria, Kota Magelang.

Lanjutnya, setelah dilakukan pemutakhiran data ini, daftar pemilih sementara tersebut dipastikan akan mengalami perubahan jumlah, baik karena adanya penambahan atau pengurangan daftar pemilih.

Ia mengatakan, penambahan di sisi jumlah pemilih baik pemilih pemula atau pemilih tambahan, atau dari perubahan daftar pemilih sebelumnya yang berganti status keluar TNI/Polri, pindah.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved