Pendidikan

UGM Launching Film 'Sardjito dalam Lukisan Revolusi'

Untuk mengapresiasi perjuangan Prof Dr Sardjito, UGM memproduksi film berjudul Risalah Sardjito dan Sardjito dalam Lukisan Revolusi.

UGM Launching Film 'Sardjito dalam Lukisan Revolusi'
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Rektor UGM Panut Mulyono saat melaunching film 'Sardjito dalam Lukisan Revolusi' di Balai Senat UGM. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Prof Dr Sardjito yang namanya kini diabadikan menjadi nama sebuah rumah sakit di Yogyakarta ini merupakan satu dari beberapa pendiri sekaligus rektor pertama UGM.

Prof Dr Sardjito juga telah berjasa di bidang penegakan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

Baca: Permudah Identifikasi Hewan, Mahasiswa UGM Ciptakan Animal Anology

Oleh sebab itu, untuk mengapresiasi perjuangan Prof Dr Sardjito, UGM memproduksi film berjudul 'Risalah Sardjito' pada 2017 lalu yang kemudian dilanjutkan dengan memproduksi film 'Sardjito dalam Lukisan Revolusi' yang diproduksi tahun 2018.

Film yang telah diputar di 19 titik di sembilan daerah ini mendapat antusiasme yang besar dari masyarakat.

Untuk itu, pada Rabu (18/7/2018) siang, UGM melaunching film 'Sardjito dalam Lukisan Revolusi' di Balai Senat UGM.

Dalam sambutannya, Rektor UGM, Panut Mulyono menyampaikan, melalui film ini, keteladanan, perjuangan Prof Sardjito yang luar biasa serta kreativitasnya berbagai dimensi sebagai ilmuwan, pahlawan, pendidi dapat diketahui bersama.

"Film ini menggali sebuah informasi terkait sosok Prof Dr Sardjito pada masa almarhum masih hidup dengan segala perjuangannya," ujar Panut.

Dengan mengetahui sepak terjang perjuangan serta kegigihan dalam berjuang dapat menginspirasi, menambah pengetahuan betapa dalam kondisi sulit, Prof Dr Sardjito mampu mengabdikan hidupnya untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Dari situ bisa diteladani oleh kita para lenerus yang bertanggung jawab terhadap bangsa Indonesia," ungkapnya.

Panut menambahkan, Rektor Pertama UGM tersebut merupakan sosok yang patut untuk diteladani, yakni memiliki sifat teguh pada pendirian, semangat berjuang dalam meneladani sosoknya.

Baca: Mahasiswa UGM Ciptakan Tandu Penyelamat Bayi Gagal Napas

Selain diapresiasi dalam bentuk film, perjuangan Prof Dr Sardjito juga diapresiasi dalam bentuk pementasan Ketropak Conthong yang menceritakan tentang perjalanan dan peran Prof Dr Sardjito dalam perjuanagan kemerdekaan.

Terkait pengajuan Prof Dr Sardjito sebagai pahlawan nasional, Panut menyampaikan, saat ini prosesnya berkas pengajuan sudah berada di Jakarta.

"Mohon doa restu mudah-mudahan proses berjalan lancar sehingga tahun ini bisa dianugerahi dan (Prof Dr Sardjito) ditetapkan sebagai pahlawan nasional," terang dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved