Yogyakarta

Legislatif Mendorong Masyarakat dan Pemangku Kepentingan Wujudkan Pemilu Bermartabat dan Berbudaya

DPRD DIY mengundang KPU guna membahas strategi mewujudkan pemilu 2019 yang bermartabat dan berbudaya.

Legislatif Mendorong Masyarakat dan Pemangku Kepentingan Wujudkan Pemilu Bermartabat dan Berbudaya
Dok. Pribadi/Istimewa
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto 

TRIBUMJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mendorong kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dan elemen masyarakat harus memiliki komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang bermartabat dan berbudaya.

Menurutnya, pemilu yang bermartabat dan berbudaya adalah yang mengusung nilai jujur, adil, rahasia, menjamin hak konstitusi warga negara baik dalam memilih maupun dipilih, serta berkomitmen menolak dan melawan politik uang, ataupun praktik kecurangan lainnya.

Oleh karenanya, DPRD DIY mengundang KPU guna membahas strategi mewujudkan pemilu 2019 yang bermartabat dan berbudaya.

"Kita juga berkomitmen kampanye anti hoaks serta melawan segala bentuk kejahatan terhadap rakyat dan demokrasi," ujar Eko Suwanto, Jumat (13/7/2018).

Baca: Eko Suwanto Gaungkan Praktek Pancasila untuk Kebijakan ke Peserta Diklat Kepemimpinan

Menurut Politisi PDI Perjuangan tersebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian pada pemilu 2019, beberapa diantaranya agar KPU bisa wujudkan daftar pemilih yang benar, akurat dan menjamin hak konstitusi warga negara.

"Selain dengan pencocokan penelitian pemilih juga penyelenggaraan TPS khusus diantaranya TPD di rumah sakit dan lapas," imbuh Ketua Komisi A DPRD DIY ini.

Baca: Komisi A DPRD DIY Gelar Rapat Koordinasi Tekait Penanganan Bencana

Komisi A DPRD berharap penyelenggaraan Pemilu hingga Pilpres 2019 ke depan bisa terselanggara secara baik dengan menjalankan langkah konsolidasi memperkuat koordinasi antar penyelenggara dan masyarakat.

"Lewat koordinasi dan konsolidasi, kita harapkan proses penyelenggaraan Pemilu dapat terlaksana dengan baik," pungkas Eko Suwanto.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved