Ibadah Haji 2018

Cara Cek Daftar Tunggu Berangkat Ibadah Haji via Haji.kemenag.go.id

Cek Daftar Tunggu Berangkat Ibadah Haji via Haji.kemenag.go.id. Haji.kemenag.go.id

Cara Cek Daftar Tunggu Berangkat Ibadah Haji via Haji.kemenag.go.id
haji.kemenag.go.id
Berangkat Ibadah Haji 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan DPR RI melalui Komisi VIII menyepakati rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1439H/2018M sebesar Rp35.235.602.

Dikutip Tribunjogja.com dari laman setkab.go.id, Selasa (10/4/2017), kenaikan itu sebesar 0,9% dari rata-rata besaran BPIH tahun lalu, yaitu Rp34,89 juta.

“Ada kenaikan sebesar Rp345.290 atau 0,9%,” kata Menag saat Rapat Kerja Penetapan BPIH 1439H/2018M yang dipimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, di Gedung Parlemen Kompleks Senayan Jakarta.

Menurut Menag, ada tiga faktor yang mempengaruhi kenaikan biaya operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun ini di banding tahun 2017.

Pertama, adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pemberlakuan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar 5% untuk semua barang dan jasa yang dikonsumsi dan dipergunakan di Arab Saudi.

Kedua, kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik di Arab Saudi serta tren kenaikan harga avtur. Ketiga, perubahan nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika dan Saudi Riyal.

Meski terjadi kenaikan, jumlah calon jamaah haji dari Indonesia tak pernah berkurang, misalnya di Sleman, Yogyakarta.

Berangkat Ibadah Haji
Berangkat Ibadah Haji (haji.kemenag.go.id)

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa jumlah jemaah Haji tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, ini merupakan efek positif dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi. bertambahnya kuota jemaah Haji ini juga berpengaruh pada daftar tunggu peserta Haji.

"Otomatis jemaah tidak perlu menunggu waktu lebih lama untuk menunggu giliran berangkat," kata Sri Purnomo.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Sleman Ujang Sihabudin menyebutkan 1221 jemaah asal Sleman ini akan diberangkatkan pada 21-22 Juli.

Tiap kloter terbagi atas 359 jemaah untuk kloter 21, 360 jemaah di kloter 25, 358 jemaah di kloter 26, dan 144 jemaah di kloter 27.

Anda berniat berangkat haji atau cek perkiraan berangkat haji?

cek waiting list jamaah haji seluruh Provinsi di Indonesia melalui link di bawah ini:

https://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/waiting-list

Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved