Kota Yogyakarta

Pameran Titi Mongso Hadirkan Perwajahan Koran Tempo Dulu

Hampir semua instansi pemerintah, penerbitan di kota besar, universitas, komunitas semuanya menerbitkan koran dan majalah.

Pameran Titi Mongso Hadirkan Perwajahan Koran Tempo Dulu
TRIBUNJOGJA.COM / Yudha Kristiawan
Sejumlah koran dan majalah tempo dulu dalam pameran bertajuk Titi Mongso di Bentara Budaya Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Di masanya ketika koran, surat kabar atau majalah ini diterbitkan, selang beberapa jam setelah dibaca mungkin sudah tidak bernilai lagi.

Namun, ketika sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun, maka nilai nominalnya bisa ratusan kali lipat dari harga awalnya.

Apalagi bila memuat informasi atau berita yang memiliki sejarah khusus atau dianggap tulisan dalam surat kabar atau majalah tersebut berpengaruh terhadap sejarah atau menjadi rujukan informasi penting pada saat ini, maka surat kabar atau majalah tersebut menjadi barang langka yang pasti diburu banyak kolektor.

Bagaimana rupa surat kabar atau majalah yang sudah usang lantaran usia ini bisa dilihat langsung dalam pameran koran dan majalah tempo dulu bertajuk "Titi Mongso."

Pameran ini digelar di Bentara Budaya Yogyakarta mulai tanggal 3 hingga 11 Juli 2018.

Baca: Sleman Temple Run Akan Lewati 6 Situs Sejarah, Dimulai dari Candi Banyunibo

Kurator Bentara Budaya Yogyakarta, Hermanu menuturkan, bahwa koran dan majalah tempo dulu dapat memberi pengetahuan yang sangat berharga dalam segala hal, untuk kemajuan ilmu pengetahuan di masa depan.

Koran dan majalah dari masa lalu, tentu saja dapat memberikan pengetahuan kehidupan baik dari Indonesia maupun dunia kepada pembacanya.

Karena koran dan majalah selalu mencetak kejadian kejadian penting yang terjadi di hari itu.

Baik bidang politik, agama, ilmu pengetahuan, perang, kebangsaan, korupsi, hiburan, film dan segala macam kejadian di dunia ini semuanya ada dalam cetakan koran atau majalah hari itu.

Halaman
123
Penulis: yud
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved