Piala Dunia 2018

Tak Bisa Sembarangan, Ini Aturan dan Tata Cara Penggunaan Teknologi VAR dalam Piala Dunia 2018

Teknologi VAR bisa menjadi "wasit kedua" yang ikut mengawasi pertandingan dan memberikan saran keputusan

Tak Bisa Sembarangan, Ini Aturan dan Tata Cara Penggunaan Teknologi VAR dalam Piala Dunia 2018
tribunnews
Teknologi VAR dalam Piala Dunia 2018 

TRIBUNJOGJA.COM - Piala Dunia 2018 telah memasuki fase 16 besar.

Dalam fase ini, sejumlah kejutan pun telah tercipta, dimana beberapa tim elite dunia semisal Argentina, Portugal, dan Spanyol harus pulang dalam gelaran 4 tahunan ini.

Terlepas dari hasil, ada satu hal yang cukup menyita perhatian dan kian populer dalam gelaran Piala Dunia di Rusia kali ini, yakni teknologi VAR alias Video Assistant Referee. 

Wasit sepak bola memang memiliki tugas berat dalam pengambilan keputusan di lapangan, mengingat banyak keputusan yang bisa menimbulkan kontoversi.

Karena itu, FIFA mulai menerapkan teknologi VAR yang membantu wasit untuk memutuskan keputusan yang adil dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

Teknologi VAR bisa menjadi "wasit kedua" yang ikut mengawasi pertandingan dan memberikan saran keputusan kepada hakim lapangan.

Cara kerjanya, FIFA akan memilih 13 wasit yang bertugas sebagai wasit video assistant dan duduk di sebuah area khusus di Moskow dengan seragam lengkap seperti layaknya wasit ketika bertugas di lapangan.

Dari ruangan khusus itu, para wasit VAR akan menyaksikan siaran langsung pertandingan dengan akses semua kamera yang tersedia di dalam stadion pertandingan, termasuk kamera slow motion.

Wasit di ruangan VAR bisa mengirimkan pemberitahuan kepada wasit yang bertugas di lapangan, jika menemukan insiden yang luput dari pengamatan wasit.

Dalam sejumlah situasi, wasit akan mendapatkan pesan lewat alat pendengaran atau earpiece yang dipakai mengenai sebuah keputusan yang sedang diulas VAR.

Halaman
123
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved